Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (Ma) Terbaru
Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kemenag - Struktur kurikulum sebagai citra mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang akseptor didik dalam menuntaskan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan.
Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan posisi mencar ilmu seorang akseptor didik yaitu apakah mereka harus menuntaskan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur, ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada akseptor didik untuk memilih banyak sekali pilihan sesuai minat dan kemampuannya.
Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan posisi mencar ilmu seorang akseptor didik yaitu apakah mereka harus menuntaskan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur, ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada akseptor didik untuk memilih banyak sekali pilihan sesuai minat dan kemampuannya.
Struktur kurikulum Madrasah Aliyah terdiri atas: Kelompok mata pelajaran wajib yang diikuti oleh seluruh akseptor didik Madrasah Aliyah. Kelompok mata pelajaran peminatan harus diikuti oleh akseptor didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Mata pelajaran pilihan lintas minat, untuk tingkat Madrasah Aliyah Pemintaan ilmu-ilmu Keagamaan sanggup menambah dengan mata pelajaran kelompok peminatan ilmu-ilmu alam, sosial ataupunbahasa, demikian juga berlaku untuk peminatan Matematika danBahasa.
Adapun struktur kurikulum Madrasah Aliyah sebagai berikut:
1. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Matematika dan Ilmu Alam Madrasah Aliyah
2. Struktur kurikulum 2013 Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Madrasah Aliyah
3. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Ilmu Bahasa danBudaya Madrasah Aliyah
4. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah
1) Selain aktivitas intrakurikuler ibarat yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula aktivitas ekstrakurikuler pada tingkat Madrasah Aliyah antara lain Pramuka (Wajib), Palang Merah Remaja (PMR), Rohani Islam (Rohis), Olah Raga, Seni Islami, Karya Ilmiah Remaja, dan lain sebagainya.
2) Kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan dalam rangka mendukung pembentukan huruf islami dan perilaku sosial akseptor didik, terutamanya ialah perilaku peduli terhadap orang lain dan lingkungan. Di samping itu, juga sanggup dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam perjuangan memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian, aktivitas ekstra kurikuler ini sanggup dirancang sebagai pendukung aktivitas kurikuler.
3) Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran ektrakurikuler setiap kelas merupakan jumlah minimal yang sanggup ditambah sesuai dengan kebutuhan akseptor didik.
Beban mencar ilmu merupakan keseluruhan aktivitas yang harus diikuti akseptor didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.
1) Beban mencar ilmu di Madrasah Aliyah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu.
a) Beban mencar ilmu satu ahad Kelas X ialah 51 jam pembelajaran.
b) Beban mencar ilmu satu ahad Kelas XI dan XII ialah 51 jam pembelajaran.
2) Durasi setiap satu jam pembelajaran ialah 45 menit.
3) Beban mencar ilmu di Kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.
4) Beban mencar ilmu di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.
5) Beban mencar ilmu di kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 ahad dan paling banyak 16 minggu.
6) Beban mencar ilmu dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 ahad dan paling banyak 40 minggu.
Setiap satuan pendidikan boleh menambah jam mencar ilmu per ahad menurut pertimbangan kebutuhan mencar ilmu akseptor didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.
Demikianlah info mengenai Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.harianmadrasah.com/ Inspirasi: SAKRAM
0 Response to "Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (Ma) Terbaru"
Post a Comment