-->

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (Unkp/Unbk)


Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK)

Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SLTA hingga sekolah dasarTahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan antara bulan April hingga Mei. Terkait dengan UN ini, info madrasah memberikan Tips islami untuk para siswa. Tips ini perlu diberikan semoga para siswa di semua jenjang pendidikan yang mengikuti UN sukses dengan izin Allah.

Semua niscaya telah mengadakan persiapan dan mengambil langkah-langkah cerdas yang diharapkan semoga berhasil. Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) inipun mempunyai tujuan sama, yaitu dalam rangka menghadapi UN --meskipun sukses pendidikan tidak cukup hanya diukur dari tingkat kelulusan UN. Madrasah ataupun sekolah dan juga para siswa sudah berusaha dengan baik demi tujuan dan sasaran yang hendak dicapai.

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) yang disajikan Info Madrasah ini mudah-mudahan bermanfaat serta bisa menjadi bab dari tips sukses dan persiapan menghadapi UN yang selanjutnya menjadi bab dari keberhasil para siswa secara menyeluruh.

Persiapan yaitu satu hal penting dalam perjuangan meraih kesuksesan, apalagi waktu pelaksanaan UN sebentar lagi. Keberhasilan selalu dimulai dengan kerja keras (juga cerdas) serta persiapan yang baik. Dalam kitab Mausu’aturradd ‘alal madzaahibil fikriyah al-mu’ashirah karya Ali Bin Naif as-Syahudi disebutkan :

فَمَنْ كَانَ لَدَيْهِ الْقُدْرَةِ وَالْاِسْتِعْدَادِ لِلْعَمَلِ سَوْفَ يَنْجَحْ

“siapapun yang mempunyai kemampuan dan persiapan yang baik untuk melaksanakan sesuatu, maka ia akan sukses”

Tips Islami ini diawali dengan memperlihatkan pertanyaan : “siapakah yang paling berjasa dalam hidup mu?” Mungkin ada yang bertanya, apa kaitan pertanyaan tersebut dengan tips sukses menghadapi UN. Jawaban yang muncul dari pertanyaan diatas akan memilih langkah selanjutnya demi sukses UNKP dan UNBK.

Tanpa mereduksi kiprah pihak lain dalam keberhasilan seseorng, berdasarkan Info Madrasah, yang paling berperan dalam kehidupan setiap siswa yaitu Allah, orang renta dan guru.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan NPK bagi Guru Madrasah di Kemenag

Allah daerah berharap, daerah memohon, Pengatur kehidupan manusia, penentu keberhasilan dan kegagalan, perubah nasib manusia. Sedang orang renta berjasa besar dalam proses kehidupan manusia, mulai dalam kandungan hingga dewasa. Posisi mereka sangat tinggi dalam pandangan Allah. Karena kedudukan yang tinggi tersebut, Allah memerintahkan setiap anak berterima kasih kepada orang renta sesudah kepada Allah. Ridho dan murka Allah kepada setiap anak insan juga sangat ditentukan oleh ridho dan murka kedua orang tua.

Adapun guru merupakan orang yang sangat sabar, telaten, gemati, serta penuh tanggung jawab mendidik para siswa dalam proses pendidikan. Mereka mendedikasikan semuanya demi keberhasilan pendidikan para siswa.

Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (UNKP/UNBK)

Setelah memahami pihak yang paling berperan dan berjasa dalam sukses kita, marilah kita berdiskusi wacana tips islami menghadapi ujian nasional. Agar sukses dalam UN, maka satu hal yang harus dikerjakan : perlakukan mereka yang berjasa besar dalam kehidupan dengan seharusnya! Tips islami dalam menghadapi UN dalam blog ini yaitu bagaimana memperlakukan siapapun dengan seharusnya yang mempunyai jasa dan kiprah dalam kehidupan kita.

Tips islami menghadapi ujian nasional : semoga sukses dalam Ujian Nasional (UN),

kepada Allah para siswa harus:
  1. Beribadah dengan sungguh-sungguh : memperbanyak shalat sunnah, puasa sunnah, dsb
  2. Memuji Allah dengan ikhlas
  3. Berdoa dengan khusu’ dan penuh harap
  4. Banyak berbuat kebaikan di dunia, termasuk banyak bersodaqah untuk mencari ridho Allah
  5. Bertawakkal sesudah berusaha dengan baik.
Catatan : dalam berdoa gunakanlah waktu-waktu yang baik. Contohnya saat selesai shalat dan sepertiga malam yang terakhir selesai menjalankan shalat tahajud. Sepertiga malam yang terakhir (antara jam 02.00 hingga menjelang subuh) merupakan waktu terbaik untuk berdoa.

Tips islami menghadapi ujian nasional :  supaya berhasil dalam Ujian Nasional (UN),

kepada orang renta siswa harus :

Mendapatkan ridho mereka. Artinya, para siswa tidak melaksanakan hal-hal yang menciptakan orang renta murka dan mengutuk. Ingat, kutukan yang keluar dari lisan ibu dianggap Allah sebagai ajakan dan sangat dikabulkan Allah. Maka hal-hal faktual harus dilakukan demi menciptakan orang renta bangga, senang serta ridho.

Ridho kedua orang renta didapatkan dengan :
  1. birrul walidain atau berbuat baik kepada keduanya
  2. tidak durhaka kepada mereka
  3. Mentaati setiap perintahnya
  4. Sesegera mungkin minta maaf atas semua kesalahan
  5. Memohon untuk dido’akan
Catatan : ucapan orang renta (terlebih ibu) kepada anak-anaknya dikategorikan sebagai doa oleh Allah dan dikabulkan oleh-Nya.
رِضَى اللهِ فِي رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اللهِ فِي سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ

“Ridho Allah tergantung kepada ridho kedua orang renta dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua orang tua” (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Amr)

Tips islami menghadapi ujian nasional : semoga berhasil dalam Ujian Nasional (UN),

kepada guru siswa harus:
  1. Menghormati dan menghargai dengan semstinya
  2. Mentaati setiap perintah yang diberkan
  3. Melaksanakan kiprah yang diberikan
  4. Tetap menjadikannya sebagai guru dimanapun dan kapanpun
  5. Segeralah minta maaf atas kesalahan yang su dilakukan

Tips islami menghadapi ujian nasional : Peran diri sendiri

Tips islami menghadapi ujian nasional terkait juga dengan diri sendiri dalam keberhasilan UN. Hal-hal yang penting untuk dikerjakan semoga sukses dalam ujian nasional (UN) di antaranya :
  1. Kerja dengan keras dan cerdas
  2. Bersungguh-sungguh
  3. Pantang mengalah dalam berusaha
  4. Menentukan sasaran yang hendak dicapai
  5. Tidak suka mengeluh
  6. Menjauhi kemalasan
  7. Selalu Berdo’a
Disebutkan aalam sebuah pepatah berbahasa Arab :
مَنْ جَدَّ وَجَدَ

“siapa yang giat, sungguh-sungguh (kerja keras dan cerdas) ia yang dapat”

Demikian Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) versi Info Madrasah.

0 Response to "Tips Islami Menghadapi Ujian Nasional (Unkp/Unbk)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png