-->

8 Contoh Daerah Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 1)

8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas. Pembelajaran kontekstual mempunyai beberapa ciri, antara lain menuntut siswa untuk aktif dan kreatif memakai kemampuan berpikir tingkat tinggi, memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar, dan bekerja dalam kelompok. Ciri tersebut menawarkan bahwa pembelajaran kontekstual mempunyai bantuan dalam pengembangan kreativitas siswa secara maksimal.

Pebelajaran kontekstual menuntut adanya kelas yang kondusif, yaitu kelas yang sanggup membuat suasana yang mendorong siswa untuk belajar. Penataan lingkungan kelasnya mendukung hal itu. Di antara lingkungan kelas yang diharapkan ialah pengaturan meja-kursi siswa, penataan sumber dan alat bantu belajar, dan penataan pajangan hasil karya siswa.

Dalam hal penataan meja-kursi siswa, paling sedikit harus memenuhi 4 kriteria: 1) Mobilitas, untuk memudahkan siswa dalam bergerak dari satu daerah ke daerah lain, 2) Aksesibilitas, berarti memudahkan siswa dalam mengakses sumber dan alat bantu belajar, 3) Interaksi, berarti memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman dan atau gurunya, dan 4) Variasi kegiatan, berarti memudahkan siswa dalam melaksanakan banyak sekali aktivitas yang beragam, contohnya berdiskusi, melaksanakan percobaan, dan presentasi.

Ada banyak teladan pengaturan sempurna duduk yang mendukung pembelajaran kontekstual atau PAIKEM. Pola daerah duduk ini berbeda dengan pengaturan konvensional yang lebih seolah-olah dingklik bus kota atau bioskop.

Berikut ini 8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas untuk menunjang pembelajaran PAIKEM atau kontekstual:

1. Formasi Huruf U

Formasi ini sanggup dipakai untuk banyak sekali tujuan. Para penerima didik sanggup melihat guru dan/atau melihat media visual dengan gampang dan mereka sanggup saling berhadapan eksklusif satu dengan yang lain. Susunan ini ideal untuk membagi materi pelajaran kepada penerima didik secara cepat sebab guru sanggup masuk dan berjalan ke banyak sekali arah dengan seperangkat materi. Guru sanggup menyusun meja dan dingklik dalam format U sebagai berikut;



Selain model di atas, deretan U berikut ini memungkinkan kelompok kecil yang terdiri dari tiga penerima didik atau lebih sanggup keluar masuk dari tempatnya dengan mudah.



Demikian  8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas. Untuk teladan yang lain, tunggu saja goresan pena berikutnya.

Bag. 1, 2, 3, 4 

Baca juga :

  3 Upaya Optimalisasi Pengelolaan Zakat
  UN Itu Tentang Kejujuran, Bukan Kelulusan
  Siswi Hamil dan Tahanan Tetap Berhak Ikut Ujian Nasional

0 Response to "8 Contoh Daerah Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png