-->

Panduan Teknis Evaluasi Di Madrasah

Panduan Teknis Penilaian Di Madrasah - Pada tahun 2014 lalu, Direktorat Madrasah Kementerian Agama telah menerbitkan buku Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), panduan tersebut diberi judul : Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah. Untuk MTs diberi nama Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) disebut dengan Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA.

Ketiganya, Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah, Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah, dan Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA merupakan pedoman dan panduan bagi ketiga jenjang madrasah.

Implementasi Kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan di Indonesia, termasuk semua jenjang di Madrasah berimplikasi pada model evaluasi pencapaian kompetensi akseptor didik. Penilaian pencapaian kompetensi merupakan proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi untuk memilih sejauhmana akseptor didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Penilaian tersebut dilakukan melalui banyak sekali teknik/cara, ibarat evaluasi unjuk kerja (performance), evaluasi sikap, evaluasi tertulis (paper and pencil test), evaluasi projek, evaluasi produk, evaluasi melalui kumpulan hasil kerja/karya akseptor didik (portfolio), dan evaluasi diri.

Untuk guru madrasah dari MI, MTs dan MA silahkan mendownload di link berikut ini:

  1. Panduan Teknis Penilaian di Madrasah Ibtidaiyah
  2. Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah
  3. Model Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat MA

Demikian informasi Panduan Teknis Penilaian Di Madrasah dari situs pendidikan, isu madrasah dan Kemenag.

0 Response to "Panduan Teknis Evaluasi Di Madrasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png