-->

Alat Pembasmi Kuman Sapi Perah Ciptaan Siswa Mts

Luar biasa! Siswi Madrasah Tsanawiyah ( MTs) membuat alat pembasmi basil Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut mengakibatkan penyakit mastitis pada sapi perah. Sapi perah terserang penakit ini air susu yang dihasilkan akan menggumpal dan kualitas rendah.

Adalah siswi MTsN 1 Malang yang berhasil membuat alat pembasmi basil sapi perah tersebut. Kedua siswi penemu itu berjulukan Nalita Livia Chandradevi (13) dan Amelia Putri Wulandari (14). Hebatnya lagi, alat buatan mereka sanggup menjadikan susu sapi perah lebih kondusif dikonsumsi saat masih fresh.

Untuk mengobati penyakit masistis yang disebabkan basil Staphylococcus, para peternak umumnya menyuntikkan antibiotik ke sapi. Dampaknya adalah, susu yang dihasilkan menjadi mengandung materi kimia.

Baca juga : 4 Rencana Langkah Pengangkatan CPNS Honorer K2

Alat Pembasmi Bakteri Staphylococcus Mudah Dioperasikan



Alat Pembasmi Bakteri Staphylococcus kreasi anak madrasah ini sangat gampang dioperasikan. Caranya,  para peternak sapi cukup dengan menempelkan alat tersebut pada kelenjar susu sapi pada waktu pagi dan sore selama empat hari berturut-turut. Durasi waktu penempelan hanya butuh beberapa menit dan tergantung tingkat keakutan penyakitnya.

Baca juga : Program Beasiswa Lulusan Madrasah Kuliah di Jepang

Kreasi dan Inovasi yang sangat mempunyai kegunaan ini mengantarkan Nalita dan Amelia (siswa Madrasah Tsanawiyah) meraih medali emas dalam ajang Indonesian Scientific Project Olympiad (ISPO) 2016 di Semarang pada 20-21 Februari untuk kategori teknologi.

Alat yang berfungsi membasmi bakteri Staphylococcus tersebut sudah diuji secara ilmiah di laboratorium Universitas Brawijaya. Pun dengan pengujian lapangan sudah dilakukan selama dua pekan pada peternakan sapi Dau dan Pujon, Malang.

Baca juga : Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016

Untuk membuat alat pembasmi basil ini tidak mahal. Biaya yang diharapkan untuk merakit satu unit hanya berkisar Rp 400 ribu. Dengan biaya sebesar itu, tentu sangat terjangkau oleh para peternak sapi yang berkeinginan untuk memanfaatkannya. Unkurannya juga tidak terlalu besar, hanya seukuran kotak sepatu. Maka peenak sangat gampang untuk membawanya ke mana saja.

Demikian informasi ihwal alat pembasmi basil Staphylococcus penyebab penyakit mastitis pada sapi perah ciptaan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Malang yang murah dari situs informasi madrasah, pendidikan dan Kemenag.

0 Response to "Alat Pembasmi Kuman Sapi Perah Ciptaan Siswa Mts"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png