-->

Program Wajib Baca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan setiap pelajar untuk membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Hal ini disebut dengan gerakan wajib membaca.

Mendikbud Anies Baswedan menyatakan bahwa gerakan membaca yang ia canangkan dimaksudkan sebagai sarana membangun budaya membaca di kalangan pelajar. Untuk membangun budaya menyerupai ini, pada mulanya memang sulit sehingga perlu diwajibkan. Lama kelamaan, hal yang semula diwajibkan akan menjadi kebiasaan. Dan tahap selanjutnya, bila telah menjadi kebiasaan, maka akan menjelma budaya.

Silahkan dibaca juga: Tuntunan Mudah Shalat Gerhana

Terkait dengan gerakan wajib membaca 15 menit untuk membangun budaya baca tersebut, anggota Komisi X dewan perwakilan rakyat RI, Abdul Kharis Almasyhari sangat mendukung gerakan yang dimunculkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka mendorong tumbuhnya minat baca kalangan pelajar. Ia salut terhadap kegiatan pelajar diwajibkan membaca 15 menit setiap hari sebelum pelajaran dimulai.

“Kegiatan membaca minimal 15 menit sebelum pelajaran dimulai ini perlu didukung alasannya yakni sangat baik. Kami sangat support sekali, bila perlu nanti kita minta untuk lebih ditingkatkan lagi,” ujar Abdul Kharis disela-sela kunjungan dalam kegiatan Islamic Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan Jakarta, Kamis (3/3).

Silahkan dibaca juga: SK Dirjen Pendis Pedoman MA Program Keterampilan

Dalam kunjungan kegiatan Islamic Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan Jakarta, Kamis (3/3), Abdul Kharis ditemani oleh anggota Komisi X dewan perwakilan rakyat RI yang lain, menyerupai  Reni Marlinawati dari Fraksi PPP, Dadang Rusdiana dari Fraksi Hanura, dan Nurhasan Zaidi dari Fraksi PKS. Mendampingi kunjungan tersebut yakni Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI HE Afrizal Sinaro.

Diakui oleh Kharis bahwa ketika ini kegemarant dan budaya membaca di masyarakat mengalami penurunan. Oleh karenanya, perjuangan yang diupayakan oleh Kemendikbud dengan mencanangkan Gerakan Membaca Buku 15 Menit sebelum pelajaran dimulai, yakni satu diantara banyak upaya untuk menumbuhkan minat baca, terutama di kalangan pelajar.

Silahkan dibaca juga: Kisi-Kisi Ujian Praktek UAMBN Tahun Pelajaran 2015/2016 Untuk MTs Dan MA

Demikian info dari situs isu madrasah, pendidikan dan kemenag wacana Pelajar Wajib Baca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai yang diprogramkan oleh Kemdikbud.

0 Response to "Program Wajib Baca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png