-->

Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital Oleh Operator Madrasah


Selamat malam semua pemabaca yang kami cintai. Semoga kalian dalam keadaan sehat dan selalu dalam Lindungan Alloh SWT. Pada malam yang indah ini, kami akan sedikit membagikan Tutorial Mengoperasikan Aplikasi Rapor Digital (ARD) untuk Operarot Madrasah. Pastinya tidak semua operator madrasah sudah mengetahui apa saja yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakan si Aplikasi Rapor Digital ini.

Aplikasi Rapor Digital atau ARD gres baru ini di lauching oleh Dirjen Pendis. Lantas apa kegunaan dari aplikasi terbaru ini? Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca di postingan kami sebelumnya, Baca: APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH www.sikurma.kemenag.go.id/ard/

Apakah Aplikasi Rapor Digital ini mutlak kiprah Operator Madrasah? The Answer in NO ! ARD ini yakni aplikasi bagi Operator Madrasah dan Guru. Catat GURU. Makara Guru juga wajib mengoperasikan Aplikasi Rapor Digital ini ya.

Namun, pada postingan kali ini kami ingin memperlihatkan sedikit tutorial kepada para Operator Madrasah dalam mengoperasikan Aplikasi Rapor Digital ini.

Sebelum kepada hal yang utama, kami ingin menjelaskan Komponen AKTOR APLIKASI (ARD) dan Tugas Operator Madrasah. Baik, untuk lebih jelasnya baca di bawah ini ya teman-teman:

AKTOR APLIKASI (ARD)

  • PENDIS PUSAT : Bertugas dalam integrasi dan pemantauan data
  • Operator MADRASAH : Unit Tata Usaha/Petugas yang terkait dengan pendataan dan manajemen forum Madrasah
  • Guru MADRASAH : Guru pengampu/tenaga kependidikan yang bertanggung jawab dalam KBM dan evaluasi hasil belajar

Tugas Operator Madrasah

  • Konfigurasi MATA PELAJARAN
  • Konfigurasi GURU MADRASAH
  • Konfigurasi SISWA MADRASAH
  • Konfigurasi ROMBEL MADRASAH
  • Cetak RAPOR MADRASAH

Pengenalannya sudah, kini kita ke sesi selanjutnya, Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital oleh Operator Madrasah.

Pertama, Silahkan masuk ke website www.sikurma.kemenag.go.id/ard/, Lalu Login memakai Username dan Password masing-masing madrasah (yang diberikan admin kab/kota). Nah, di website tersebut Aplikasi Rapor Digital untuk setiap jenjang berbeda setiap link/urnya, silahkan lihat dibawah:
Kedua, sesudah berhasil login pada akun masing-masing, selanjutnya kita lakukan Konfigurasi. Untuk Konfigurasi yang pertama yaitu Profil Madrasah dan Mata Pelajaran (Lihat Gambar)

 Selamat malam semua pemabaca  yang kami cintai Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital oleh Operator Madrasah


Masuk ke Konfigurasi, Klik hidangan Madrasah. Lakukan Updating Profil Madrasah, dari mulai Logo (Browser logo madrasah masing-masing), Identitas (Silahkan edit sesuaikan dengan profil jenjang madrasah masing-masing), Lokasi (sesuaikan), Kepala Madrasah (isi sesuaikan dengan identitas Kepala Madrasah), kemudian Simpan.

Lanjut, Silahkan edit Mata Pelajaran, Muatan Lokal dan Ekstrakulikuler sesuai yang ada di madrasah masing-masing.

Ketiga, Konfigurasi Guru Madrasah (Lihat Gambar)


 Selamat malam semua pemabaca  yang kami cintai Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital oleh Operator Madrasah

Klik hidangan Guru, Lalu silahkan isikan nama-nama guru yang ada di madrasah anda. Bisa memakai cara manual alias satu-satu dimasukkan, atau sanggup juga entri nama guru memakai template Excel, jikalau tidak punya (Download disini). Isi template excel guru, jikalau sudah beres, silahkan unggah pada hidangan "Tambah Excel". Setelah itu, silahkan atur Profil dan dikelas mana si Guru mengajar.

Keempat, Konfigurasi Siswa (Lihat Gambar)


 Selamat malam semua pemabaca  yang kami cintai Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital oleh Operator Madrasah


Klik pada hidangan Siswa, ibarat halnya pada hidangan Guru, Untuk menambahkan Siswa ini sanggup memakai cara manual dan Tempalte Excel, jikalau belum Punya (Download disini). Jika sudah selelai di unggah, silahkan atur rombel setiap siswanya.

Kelima, Konfigurasi Rombongan Belajar. (Lihat Gambar)

 Selamat malam semua pemabaca  yang kami cintai Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital oleh Operator Madrasah

Klik hidangan Rombongan Belajar, kemudian silahkan tambahkan Rombel Belajar dengan klik "Tambah" sesuai yang ad di madrasah anda masing-masing. (Nah, sebaiknya hidangan ini dikerjakan sebelum kita atur rombel siswa yah) ^_^

Mungkin itu saja yang sanggup kami sampaikan. Jika ada kesalahan, kami mohon tinggalkan komentar, semoga sanggup kami perbaiki.

Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi semuanya. Aamiin

0 Response to "Tutorial Konfigurasi Aplikasi Rapor Digital Oleh Operator Madrasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png