-->

Conditional Sentence Type 1 Beserta Contoh, Fakta, Dan Inversionnya

Conditional Sentence Type 1 - Salam semangat teman Englishiana di mana pun berada. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada artikel yang berjudul Conditional Sentence Type 1 2 3 DanFaktanya kita sudah ketahui bahwa ada tiga jenis kalimat pengandaian / conditional sentence dalam bahasa Inggris. Nah, pada halaman ini kita akan lebih fokus ke pada salah satu jenisnya yaitu conditional sentence type 1.

 Salam semangat teman Englishiana di mana pun berada Conditional Sentence Type 1 Beserta Contoh, Fakta, dan Inversionnya
Conditional Sentence Type 1

Kegunaan Conditional Sentence Type 1

Kalimat pengandaian Tipe I ini merujuk kepada apa yang mungkin terjadi di masa depan dengan kondisi tertentu. Atau dengan kata lain suatu tindakan di masa depan hanya akan terjadi jikalau kondisi tertentu terpenuhi pada ketika itu. Kita tidak tahu niscaya apakah kondisi tersebut benar-benar akan terpenuhi atau tidak sehingga tindakan yang direncanakan terjadi, tetapi kondisi ini sepertinya cukup realistis dan sangat mungkin terjadi di masa depan.
Contoh: If I meet Sandi tomorrow, I’ll send her an invitation.
Saya ingin mengirim ajakan kepada Sandi. Ini hanyha akan terjadi jikalau aku bertemu beliau besok. Akan tetapi aku sangat yakin bahwa aku akan bertemu dengannya besok..
Contoh: If Joe has the money, he will buy a Lamborgini.
Saya tahu Joe dengan sangat baik dan aku tahu bahwa beliau mendapat banyak uang dan mengasihi Lamborghini. Makara aku pikir sangat mungkin bahwa cepat atau lambat ia akan mempunyai uang untuk membeli Ferrari

Rumus Conditional Sentence Type 1

Sebagai materi pembahasan dan pengingat aku akan hadirkan kembali tabel rumus conditional sentence berikut ini.
Dependent Clause
Main Clause
IF + SIMPLE PRESENT,
1.    S + V1 + O/C
2.    S + V1 S/ES/IES + O/C
3.    S + TOBE [is/am/are] + C


+ SIMPLE FUTURE.
S + WILL + V1/BE + O/C
selain will, kita dapat juga pakai modal yang lain menyerupai can/may/should.

Main Clause
Dependent Clause
SIMPLE FUTURE +
IF + SIMPLE PRESENT.
Pada prinsipnya, menyerupai digambarkan pada tabel di atas, ada dua klausa dalam sebuah kalimat pengandaian. Klausa Terikat / Dependent Clause dan Klausa Bebas / Independent Clause. Penempatan ke dua klausa tersebut dapat saling menggantikan satu sama lain. Maksudnya dapat saja dalam suatu kalimat klausa bebas terlebih dulu dibandingkan klausa terikatnya begitu juga sebaliknya.
Berkaitan dengan Simple Present Tense, yang ada di klausa terikat, aku sajikan tiga rumus yang mungkin saja dapat di pakai. Berikut lebih jelasnya.
  1.  Jika Subjek dari kalimatnya yaitu salah satu dari (I, YOU, THEY, WE, ATAU KATA BENDA JAMAK) dan mempunyai kata kerja [VERBAL SENTENCE] maka rumus inilah yang kita pakai. Contoh: If they study hard, they will pass the next exam.
  2. Jika Subjek dari kalimatnya yaitu salah satu dari (SHE, HE, IT, ATAU KATA BENDA TUNGGAL) dan mempunyai kata kerja [VERBAL SENTENCE] maka rumus inilah yang kita pakai. Contoh: If Sheila studies hard, she will pass the next exam.
  3. Siapapun Subjeknya, jikalau tidak mempunyai kata kerja [NOMINAL SENTENCE] maka kita harus menggunakan TOBE dan rumus inilah yang harus kita pakai. Contoh: If Sheila is here tomorrow, she will meet her twin.
Catatan: Ke dua klausa tersebut dapat saja berbentuk negatif sesuai dengan kebutuhan. Silahkan ingat ingat kembali bagaimana cara menciptakan kalimat negatif di sini. Untuk bentuk Inversion dari Conditional Sentence Type 1 klik link berikut Jenis, Pola, dan Contoh Inversion dalam Conditional Sentence (If Clause)
Demikianlah teman Englishiana pembahasan khusus perihal conditional sentence type 1 pada halaman ini, biar bermanfaat dan menciptakan kita lebih paham perihal conditional sentence.

0 Response to "Conditional Sentence Type 1 Beserta Contoh, Fakta, Dan Inversionnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png