-->

Panduan Aplikasi E-Surek

Panduan Surat Rekomendasi Elektronik - Akses ke E-Surek Untuk sanggup mengakses E-Surek sanggup dilakukan dengan beberapa cara:


Surek sanggup dilakukan dengan beberapa cara Panduan Aplikasi e-surek

1. Melalui Mesin Pencari Ketikan “bakul data” pada mesin pencari sebagai kata kunci, klik hasil pencarian dengan alamat https://bakul.disdik.banjarmasinkota.go.id/cpop

2. Melalui situs resmi Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Buka situs resmi Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dengan alamat http://disdik.banjarmasinkota.go.id, klik logo e-Surek yang terletak di bawah slider

Pengguna Sekolah Asal
1. Login  >>> Untuk masuk ke Aplikasi E-Surek gunakan username dan password operator dapodik sekolah masing-masing.

2. Pengaturan Kop Surat 
Pada aplikasi e-surek terdapat hidangan pengaturan kop surat yang terdapat didalam hidangan profil, hidangan pengaturan kop surat ini berfungsi untuk mengatur apakah surat rekomendasi yang akan di cetak memakai kop surat standar dinas ataupun tanpa kop surat sehingga sekolah sanggup mencetak surat rekomendasi dengan memakai kop surat sekolah masing-masing.

1) Klik nama sekolah pada pojok kanan atas
2) Klik tombol profil
3) Pilih pengaturan kop surat atau tanpa kop surat
4) Kllik tombol simpan untuk menyimpan pengaturan

3. Permohonan Pindah 
Sebelum menciptakan surat permohonan pindah pastikan data siswa pada Dapodik masih tersedia atau belum di keluarkan dari sekolah asal, alasannya ialah data siswa di E-Surek merupakan tarikan data dari Dapodik dengan posisi sinkron terakhir, dan pastikan juga isian data siswa pada Dapodik sudah valid.

Untuk menciptakan surat permohonan pindah:
1) Klik hidangan E-Surek → Permohonan Pindah pada pilihan hidangan sebelah kiri
2) Masukan NISN siswa yang akan pindah Ada 3 jenis permohonan yang sanggup di buat pada E-Surek a. Permohonan Pindah antar sekolah dalam Kota Banjarmasin
b. Permohonan Pindah ke luar Kota Banjarmasin
c. Permohonan Pindah Naik Jenjang ke luar Kota Banjarmasin

a. Antar Sekolah (Dalam Kota) 
3) Pilih sekolah tujuan, kemudian klik tombol cari
4) Pilih data pemohon
5) Masukan nomor surat sekolah, untuk data penandatangan yang tampil ialah data kepala sekolah yang terdapat di Dapodik dan sanggup di sesuaikan sanggup diadaptasi dengan keadaan dikala surat dibuat. 6) Klik tombol proses untuk menciptakan surat permohonan

b. Pindah ke Luar Kota
3) Pilih sekolah tujuan ketikan Luar Kota atau instruksi 00000000, kemudian klik tombol cari
4) Pilih data pemohon
5) Masukan Kabupaten/Kota tujuan, nomor surat sekolah dan untuk data penandatangan yang tampil ialah data kepala sekolah yang terdapat di Dapodik dan sanggup di sesuaikan sanggup diadaptasi dengan keadaan dikala surat dibuat.
6) Klik tombol proses untuk menciptakan surat permohonan

c. Naik Jenjang
3) Pilih sekolah tujuan ketikan Naik Jenjang atau instruksi 99999999, kemudian klik tombol cari
4) Pilih data pemohon
5) Masukan Kabupaten/Kota tujuan, nomor surat sekolah dan untuk data penandatangan yang tampil ialah data kepala sekolah yang terdapat di Dapodik dan sanggup di sesuaikan sanggup diadaptasi dengan keadaan dikala surat dibuat.
6) Klik tombol proses untuk menciptakan surat permohonan

4. Cetak Permohonan 
Jika proses pembuatan surat permohonan berhasil maka akan muncul pemberitahuan Permohonan Sukses Dibuat, klik tombol Cetak Surat untuk mencetak surta perohonan yang siap di tandatangani oleh pemohon. Pada surat permohonan terdapat Token dan QR Code yang harus diinformasikan ke sekolah tujuan untuk ditindak lanjuti pada permohonan pindah antar sekolah dalam Kota Banjarmasin.

5. Cek Status Permohonan 
Jika surat permohonan sudah dibentuk dan Token sudah di informasikan ke sekolah tujuan maka status surat permohonan sanggup di lihat pada hidangan Status
a. Menunggu Konfirmasi Sekolah Tujuan Status = Sekolah tujuan belum melaksanakan konfirmasi Token
b. Menunggu Konfirmasi Dinas Status = Sekolah tujuan sudah melaksanakan konfirmasi Token dan menunggu Dinas Pendidikan Mengisikan Nomor Surat Dinas dan Tandatangan Pejabat yang berwenang

6. Riwayat Permohonan 
a. Selesai
Setelah Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin telah mengkonfirmasi surat permohonan maka status surat akan masuk ke hidangan Riwayat dan pihak sekolah asal sanggup mencetak Surat Rekomendasi Pindah Sekolah dan Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dengan men-klik ikon . Surat Rekomendasi Dinas Pendidikan sanggup di bawa ke Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk dibubuhkan Stempel Basah sebagai legalitas surat.

b. Tolak
Jika sekolah tujuan menolak surat permohonan maka akan muncul pada hidangan riwayat dengan status dengan alasan

E. Pengguna Sekolah Tujuan
1. Login
Untuk masuk ke Aplikasi E-Surek gunakan username dan password operator dapodik sekolah masingmasing
2. Konfirmasi
Permohonan Sekolah tujuan melaksanakan konfirmasi surat permohonan dengan memasukan Token yang tertera pada surat Permohonan yang di buat sekolah asal
a. Terima
1) Klik hidangan Konfirmasi Permohonan → Dalam Kota
2) Isikan Token kemudian klik tombol cari 1 2 3 4 14
3) Pilih untuk menerima
4) Klik Proses

b. Tolak dengan alasan
1) Klik hidangan Konfirmasi Permohonan → Dalam Kota
2) Isikan Token kemudian klik tombol cari
3) Pilih untuk menolak pindahan
4) Isikan alasan penolakan
5) Klik Proses

F. Cek NISN Peserta Didik
Pada e-Surek terdapat fitur cek NISN penerima asuh yang terintegrasi dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), sehingga operator sanggup mengetahui apa jika ada perbedaan data antara hasil input di data Dapodik dengan data pada Disdukcapil.

Demikian  Panduan Aplikasi e-surek

sumber www.forumoperatorsekolah.com

0 Response to "Panduan Aplikasi E-Surek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png