-->

Buku Guru Dan Siswa Sma Kelas Xi (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Buku Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017


Halo Guru-guru semua dimanapun anda berada ketemu lagi dengan kami di postingan materipendidikan.net ini dan dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit menerangkan/membahas perihal Buku Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 nah sebagai berikut.
Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari banyak sekali kalangan diharapkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.

Beberapa Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai berikut :
  • Buku Guru bekerjasama dengan Buku Siswa, alasannya Buku Guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan Buku Siswa. Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut.
  • Bukalah Buku Guru tema tertentu
  • Cermatilah halaman yang berjudul Tentang Buku Guru dan Bagaimana Menggunakan Buku Guru. Ikutilah petunjuk yang ada pada halaman tersebut.
  • Rancangan pembelajaran setiap Tema dibagi dalam rancangan subtema yang tampak pada jaringan subtema atau Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku Guru. Guru diharap  mencermati jaringan subtema yang memuat Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran yang akan dicapai pada satu minggu, sesuai dengan judul subtema.
  • Jaringan subtema terdiri atas jaringan subtema untuk KD dari KI I dan II, serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3 dan 4.
  • Jaringan subtema KD dari KI 3  dan KI 4 dijabarkan lagi menjadi jaringan Kompetensi Dasar dan Indikator setiap pembelajaran.
  • Cermatilah jaringan setiap pembelajaran Pemetaan Indikator pada Buku Guru yang memuat Kompetensi Dasar yang akan dicapai menurut rumusan indikatornya.
  • Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di Buku Guru.
  • Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang terdapat pada Buku Guru.
  • Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada Buku Guru dengan pembagian terstruktur mengenai kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa.
  • Guru sanggup memodifikasi rancangan pembelajaran di Buku Guru untuk diadaptasi dengan kondisi kelas. Apabila rancangan berubah, maka guru harus menciptakan penyesuaian juga dalam pembelajarannya.
  • Pada Buku Guru juga terdapat media, alat, dan sumber pembelajaran yang dipakai sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun, guru juga sanggup mengganti atau menambahkan media, alat, dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
  • Cermatilah halaman Remedial dan pengayaan yang terdapat pada Buku Guru sebagai panduan dikala guru akan melakukan kegiatan tersebut.
  • Di dalam Buku Guru terdapat contoh-contoh teknik penilaian, guru sanggup membuka halaman evaluasi sebagai panduan manilai siswa.

Tiga aspek kompetensi yang ditumbuhkan dan dikembangkan disepanjang  kegiatan pembelajaran yang mencakup sikap, keterampilan dan pengetahuan. Ketiga aspek pokok ini lalu menjadi pola bagi guru dalam mengampu kegiatan pembelajaran. Ketiga aspek ini diambil dari tujuan pembelajaran pada hari yang pembelajaran yang bersangkutan.

Rangkaian kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi tercapainya kompetensi yang menjadi sasaran pada hari yang bersangkutan. Kegiatan pembelajaran tersebut dirancang untuk menumbuhkan dan menyebarkan sikap, keterampilan dan pemahaman terhadap pengetahuan. Satuan pendidikan atau guru diperbolehkan untuk menyesuaikan kegiatan dengan kondisi satuan pendidikan atau kelas dan menentukan kegiatan yang lain, selama kegiatan tersebut tetap bisa memfasilitasi ketercapaiaan kompetensi baik dari ranah pengetahuan, keterampilan maupun sikap, dengan tetap memperhatikan keterpaduan pendekatan saintifik dan penilaianautentik.

PROSES ANALISIS BUKU GURU DAN BUKU SISWA
  • Buku Guru dan Buku Siswa saling bekerjasama sehingga proses analisis sanggup dilakukan secara silmultan. Berikut akan dijelaskan mengenai proses analisis tersebut.
  • Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Inti (KI) 1 dan 2
  • Pada buku guru, pemetaan KD dari KI 1 dan 2 disiapkan setiap subtema. Namun dalam jaringan KD harian (tiap PB) KD dari KI 1 dan 2 tidak dimunculkan alasannya ketercapaiannya diperoleh dari pembelajaran tidak pribadi (indirect learning). Harapannya guru bisa menentukan aspek spiritual (KI 1) maupun aspek sosial (KI 2) sesuai dengan acara pembelajaran harian yang sedang dilakukan.
  • Pemetaan kompetensi Dasar KI 3 dan 4
  • Pada buku guru pemetaan KD dari KI 3 dan 4 disediakan tiap subtema (mingguan). Pemetaan ini masih akan dijabarkan lagi dalam pemetaan KD harian.
  • Pemetaan Kompetensi Dasar tiap PB (harian)
  • Pada buku guru sudah disiapkan pemetaan KD dan indikator pada masing-masing pembelajaran (PB) untuk memudahkan guru mengajar harian. Berikut ini contoh tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan, subtema 1 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan, Pembelajaran 1:
  • Meskipun telah disediakan pemetaan di setiap PB, guru hendaknya mengkaji apakah masih masih diharapkan KD komplemen pada pembelajaran hari itu. Untuk kepentingan penyusun RPP (harian), guru perlu menambahkan KD dari KI 1 dan 2 adalah perilaku spiritual dan perilaku sosial. Penambahan KD bisa melihat pada pemetaan KD dari KI 1 dan 2 pada tiap subtema.
  • Guru hendaknya mencermati indikator setiap KD. Untuk pembelajaran harian, setiap KD minimal dijabarkan dalam satu indikator alasannya KD tersebut kemungkinan dibelajarkan lagi pada subtema yang lain. Meskipun sudah ada contoh indikator pada buku guru, guru perlu mengkaji ulang indikator tersebut. Guru diperbolehkan untuk memperbaiki indikator yang tertera pada buku guru. Dalam merumuskan indikator harus memakai kata kerja operasional yang terukur.
  • Tujuan Pembelajaran
  • Pada buku guru telah diberika contoh pembelajaran sebagai paduan bagi guru apa yang akan dicapai. Guru diperbolehkan untuk menambah atau merubah tujuan pembelajaran sesuai dengan kondisi penerima didik dan lingkungan kawasan belajar. Tujuan pembelajaran idealnya menciptakan A (audience)yakni siswa; B (behavior) kemampuan yang akan dicapai (membedakan, menjelaskan, dll), (condition) adalah kondisi atau kegiatan yang akan dilakukan siswa (membaca teks, mengamati gambar, diskusi, dll); D (degree) tingkatan (dengan benar, sesuati prosedur, dengan santun, percaya diri, dll). Misal: dengan menggali informasi dari teks bacaan, penerima didik bisa menjelaskan manfaat air bagi kehidupan menusia dengan teliti.
5.Media, alat bantu dan sumber belajar
Pada buku siswa ada media gambar yang telah disediakan, namun masih terbatas. Dengan demikian guru diharapkan bisa menambah media yang sesuai tema yang sedang dibahas.

Pada tema 2 subtema 2 disajikan beberapa gambar ekspos perihal peristiwa-peristiwa penting, guru diharapkan sanggup memperkaya media yang disediakan dengan membawa banyak sekali macam gambar atau foto peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan tujuan pembahasan. Guru juga dapa meminta siswa untuk membawa gambar atau foto yang berkaitan dengan tujuan kegiatan pembelajaran.

Demikian pula dengan sumber belajar, materi tidak terbatas pada buku siswa saja. Guru bisa mengajak siswa mengamati lingkungan, membaca buku tumpuan lain, membaca gosip Koran, atau melihat tayangan perihal binatang di TV/video.

6.Kegiatan Pembelajaran
Pada kegiatan pembelajaran perlu diperhatika mengenai pendekatan saintifik dan high order thinking.
Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 memakai pendekatan  saintifik yang memuat kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan. Langkah-langkah pembelajaran tersebut telah dituangkan dalam buku guru.

Inilah File Buku Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan/pembahasan kami diatas perihal Buku Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 ini dan agar apa yang kami posting ini bisa membantu/mempermudah rekan-rekan untuk melakukan kinerjanya.
Selengkapnya anda bisa pribadi download yang berupa link Buku Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Buku Guru:

Buku Siswa:

0 Response to "Buku Guru Dan Siswa Sma Kelas Xi (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png