-->

Komjen Pol Syafruddin Hari Ini Dilantik Jadi Menpan Rb Menggantikan Asman Abnur

PELANTIKAN KOMJEN POL SYAFRUDDIN SEBAGAI MENPAN RB MENGGANTIKAN ASMAN ABNUR

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Syafruddin menggantikan posisi Asman Abnur, yang sebelumnya telah mengundurkan diri. Sebagaimana diketahui Asman Abnur menyatakan mengundurkan diri sebagai Menpan-RB, alasannya yakni sebagai kader PAN yang telah resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk Pilpres 2019, sangat tidak etis ia masih menjabat Menteri Kabinet Kerja.

Proses peresmian dipimpin pribadi oleh Jokowi menurut Keputusan Presiden nomor 142/P Tahun 2018 wacana pemberhentian dan pengangkatan Menteri PAN-RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Istana Negara, Komisaris Jenderal Pol. Syafruddin melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab). Sertijab ini ditandai dengan  penyerahan memori jabatan berupa tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai Menteri PANRB  dari  Asman Abnur kepada Syafruddin.

“Apa yang sudah dilaksanakan Pak Asman akan dilanjutkan alasannya yakni programnya cukup baik,” ujar Menteri PANRB Komisaris Jenderal Syafruddin dalam kegiatan Sertijab di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (15/08).

Visi Kementerian PANRB untuk mewujudkan aparatur negara yang berkepribadian, bersih, dan kompeten untuk mencapai kualitas pelayanan publik yang berkinerja tinggi yakni visi yang perlu diwujudkan. Hal ini untuk mendukung kegiatan Nawacita Presiden Joko Widodo guna lebih melayani masyarakat.

Ia menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo berpesan, semua kegiatan yang sudah dijalankan oleh Asman Abnur harus tetap dilanjutkan. “Kita akan menuntaskan yang tersisa,” ujarnya.


Serah Terima Jabatan Menpan RB dari Asman Abnur Ke Komjen Pol Syafruddin

Kepada Syafruddin, Asman Abnur mengharapkan  semoga capaian-capaian Kementerian PANRB sanggup terus ditingkatkan. Hal ini untuk menjawab aspirasi masyarakat dan tantangan global yang menuntut birokrasi yang makin responsif dan melayani. “Saya berharap capaian-capaian Kementerian PANRB sanggup dilanjutkan dan terus ditingkatkan,” kata Asman.

Lanjutnya dikatakan, bersama seluruh jajaran Kementerian PANRB, telah berupaya melaksanakan banyak sekali langkah terobosan dalam menjalankan amanah Asman Abnur sebagai Menteri PANRB. “Kami menilai bahwa banyak sekali langkah terobosan tersebut telah bergulir dan sudah dirasakan oleh banyak Kementerian/Lembaga dan tempat di banyak sekali bidang berbasis administrasi kinerja,” ujarnya.

Terdapat empat kegiatan besar yang dijalankan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan. Keempat kegiatan tersebut yakni peningkatan efektivitas dan efisiensi birokrasi, mewujudkan kelembagaan pemerintahan yang efektif dan efisien, pembangunan SMART ASN dalam rangka mewujudkan World Class Government, dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Asman memberikan dalam kegiatan penguatan reformasi birokrasi mengalami banyak kemajuan.  Dengan adanya pembangunan Zona Integritas, mendorong unit kerja mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) makin menjadi gerakan masif di banyak sekali instansi dan tempat khususnya di instansi penegakan aturan menyerupai Kejaksaan, Kepolisian, Pengadilan dan Lembaga Pemasyarakatan.

Ia juga menjelaskan jikalau pihaknya telah melaksanakan penataan kelembagaan pemerintah. Dari tahun 2014 hingga dikala ini, terdapat  23 Lembaga Non Struktural (LNS) yang telah disederhanakan dengan melaksanakan penggabungan dan penghapusan.

Dalam reformasi sumber daya aparatur, juga telah melaksanakan banyak sekali langkah  perbaikan dengan target terwujudnya rekrutmen ASN yang makin kredibel , transparan dan akuntabel sesudah 4 tahun moratorium. “Saat ini, penerimaan CPNS dengan sistem online sudah bebas dari KKN,” jelasnya.

Pelayanan Publik juga makin menerima apresiasi masyarakat dengan makin banyak berdirinya Mal Pelayanan Publik di banyak sekali tempat di Nusantara. “Meningkatnya pelayanan publik tak hanya bermakna meningkatnya manfaat dan pelayanan bagi masyarakat melainkan juga berarti berubahnya cara pandang dan pikir aparatur negara dalam melayani warganya ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Asman Abnur, menyampaikan seluruh jajaran Kementerian PANRB akan tetap mendukung pelaksanaan kiprah Menteri PANRB. “Budaya kerja Kementerian PANRB yang melayani dan berbasis kinerja akan membantu Bapak dalam mewujudkan dan menuntaskan kiprah Bapak dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.





= Baca Juga =



0 Response to "Komjen Pol Syafruddin Hari Ini Dilantik Jadi Menpan Rb Menggantikan Asman Abnur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png