-->

Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2013 Tahun 2019

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum  LATIHAN SOAL USBN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama MTS KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 (Tahun Pejaran 2018/2019)Desain soal latihan ini sebagai hasil pembinaan menciptakan soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu balasan yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan balasan sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Perhatikan paragraf berikut!
Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon kalau dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yang ditebang secara asal-asalan akan mempengaruhi ekosistem yang ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Bayangkan saja apabila kita harus membeli oksigen untuk bernafas, berapa biaya yang kita keluarkan?
    Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut yakni ….
A. dibentuk
B. ditukar
C. digunakan 
D. dihasilkan  

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!


Hukum bersifat memaksa, adil dan tidak memandang latar belakang kasta, agama, harta, dan status sosial. Kini aturan dipertanyakan keberadaannya lantaran pada kenyataannya aturan tidak bisa tegak sebagai pedoman dalam masyarakat. Bahwa, sekarang aturan hanya menjadi pajangan formalitas dunia politik. Bukan hanya itu, aturan sekarang hanya berlaku untuk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial.
     
Kalimat yang tidak sesuai dengan teks tersebut yakni ...
A. hukum memandang latar belakang status sosial
B. hukum jarang dibicarakan keberadaannya  
C. hukum bukan merupakan panjangan formalitas dunia politik   
D. hukum berlaku untuk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial  


3. Bacalah teks berikut!
Hampir setiap orang Indonesia khususnya yang tinggal Jogja mengenal Malioboro. Malioboro sering disebut sebagai sentra wisata kota Jogja. Malioboro merupakan sebuah jalan yang ada di sentra kota Jogja. Meskipun hanya nama sebuah jalan, Malioboro mempunyai banyak makna dan daya tarik yang tinggi sehingga menciptakan sepanjang pinggir jalan Malioboro menjadi destinasi wisata pilihan para turis lokal ataupun mancanegara serta mempunyai sangat banyak arti kehidupan. 

  Kutipan teks deskripsi tersebut merupakan penggalan ....
A. deskripsi identifikasi 
B. deskripsi bagian
C. deskripsi penutup 
D. deskripsi penegasan 


4. Di bawah ini merupakan ciri kebahasaan teks ulasan yang memakai konjungsi penerang, ....
A. Novel ini banyak memperlihatkan pelajaran pada pembacanya, antara lain, bahwa kita harus arif bergaul dengan orang lain. 
B. Lama-kelamaan Hasan cemburu lantaran kekerabatan Kartini dengan Anwar semakin dekat. 
C. Setelah pulang dari pasar, kemudian ia mencari Anwar.  
D. Nilai moral yang kedua yakni hendaknya kita mau memaafkan kesalaham orang lain yang sudah bertaubat.                       

5.  Bacalah kutipan teks eksposisi berkut!

Tahukah Anda apa saja hal-hal yang sanggup mengakibatkan pengeroposan tulang dan bagaimana cara mengatasinya? Pengeroposan tulang sampai sekarang masih menjadi duduk perkara tulang yang sering terjadi khususnya pada para manula.

    Paragraf di atas merupakan struktur eksposisi yaitu ….
A. pembahasan    
B.  keterangan
C.  kesimpulan
D.  pernyataan umum

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!


6. Bacalah paragraf berikut!
Udara mengandung uap air. Pada suatu saat, air turun menjadi hujan. Hujan sangat diharapkan oleh insan dan makhluk lainnya. Manusia dan makhluk lainnya harus menghemat air.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. pada suatu dikala uap air akan turun menjadi hujan
B. manusia dan makhluk hidup lainnya saling membutuhkan
C. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan air
D. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan uap air


7.  Bacalah teks berikut!


Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara pribadi dikala gerhana matahari sanggup mengakibatkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari yakni sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada dikala itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari lantaran matahari akan terlihat mirip menjulur dari pinggir penggalan yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak menciptakan mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara pribadi mengakibatkan kebutaan merupakan mitos modern.

Simpulan isi teks tersebut yakni ...
A. Melihat matahari dikala gerhana matahari bisa mengakibatkan kebutaan  
B. Gerhana matahari merupakan fenomena alam ihwal sejajarnya bumi, matahari, dan bulan  
C. Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada penggalan tertentu   
D. Melihat pribadi matahari dikala gerhana matahari tidak mengakibatkan kebutaan 


8.  Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut!



Saat ini banyak cukup umur dan bawah umur yang suka menonton anime. Anime itu sendiri yakni animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh dalam banyak sekali macam lokasi dan cerita.
Sesuatu yang berlebihan niscaya juga menghasilkan dampak yang buruk, mirip halnya anime. Apabila seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu mengurung diri di kamar untuk menonton anime, hal itu akan mengganggu cara komunikasi kita dengan orang lain dan menciptakan kita antisosial.
Selain itu, orang-orang yang suka menonton anime akan melupakan bahwa tidur malam lebih penting daripada menonton anime. Para pelajar yang suka menonton anime biasanya juga akan lebih mementingkan anime daripada PR yang harus dikerjakan.

Simpulan pendapat penulis ihwal pro dan kontra menonton anime yakni …
A. Saat ini banyak anak muda yang menonton anime. 
B.  Menonton anime menciptakan seseorang lupa makan dan tidur. 
C.  Pelajar menganggap anime lebih penting daripada PR. 
D.  Menonton anime secara berlebihan akan berdampak jelek bagi seseorang 


9. Cermatilah kutipan teks berikut!

Pengembangbiakan tumbuhan sanggup dilakukan melalui pencangkokan. Selain gampang dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan untuk mendapat keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut lebih maksimal. Misalnya, pencangkokan tumbuhan mangga sanggup menghasilkan kualitas buah mangga yang lebih baik daripada mangga yang tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokan mempunyai masa tumbuh yang relatif lebih singkat.


Ringkasan isi teks tersebut yakni …
A. Pengembangbiakan tumbuhan sanggup dilakukan dengan mencangkok.
B. Pemanfaatan tumbuhan lebih maksimal dengan cara mencangkok. 
C. Pengembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok memiliki banyak kelebihan.
D. Pengembangbiakan tumbuhan mangga lebih baik dengan mencangkok. 


10. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah mempunyai satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga perumahan melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Teks 2
Perjalan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng saja. Dimulai dari seorang mitra yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat. Itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke kafe di sekitar Kota Medan, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa bingung di kafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba. Tempat indah di Sumatra Utara.

  Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut ditunjukkan nomor  ….

Teks 1
Teks 2
1
efektif
tidak efektif
2
baku
tidak baku
3
mudah dipahami
berbelit belit
4
santai
resmi
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019  Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

11. Perhatikan kalimat berikut!


Para murid-murid Sekolah Menengah Pertama Harapan antusias mengikuti sosialisasi UNBK

Penggunaan kata para dan menuju pada kalimat tersebut di atas salah lantaran ...
A. dianggap mubazir
B. bukan pada tempatnya  
C. tidak mempunyai makna
D. salah penempatan. 


12.  Bacalah teks berikut!
Teks 1
Kepulauan ini terletak di sebelah timur Pulau Biak, Papua.  Peta Nusantara hanya menggambarkan mirip kumpulan noktah-noktah hitam di bibir Samudra Pasifik. Meskipun demikian, kekayaan dan keindahan alam di sini masih tersembunyi, belum tergarap dengan maksimal. Masyarakatnya pun masih hidup dengan sederhana dari hasil alam yang mereka garap secara tradisional.
Teks 2
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bersama Kanca dan Manggut. Kedua kancil itu besaudara. Manggut yakni abang dari Kanca. Sebaliknya, kanca yakni adik dari Manggut. Walaupun bersaudara, sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati, sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman. Suatu hari, Manggut kelaparan. Namun, Manggut malas mencari makan. Akhirnya, Manggut mencuri masakan Kanca. Waktu Kanca bertanya kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.

              Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut ditunjukkan nomor ....

Teks 1
Teks 2
1
dengan dekskripsi alam
orientasi
2
deskripsi manfaat alam
deskripsi manfaat tanaman
3
definisi umum
deskripsi paparan
4
eksposisi argumentatif
eksposisi deskriptif
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

13. Bacalah teks berikut!


(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di Sekolah Menengan Atas dengan nuansa kenakalah khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom sampai mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan Bahasa yang dengannya  setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi aksara para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, mirip kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimbrom. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

   Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada penggalan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (5) dan (6) 


14. Bacalah teks berikut!
Meskipun kedua burung itu bersahabat, mereka memilliki tabiat  yang sangat berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan badan dan makan apa saja. Merak rajin sekali membersihkan badan dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga kebersihan sarangnya. Berbeda dengan merak, gagak tak peduli dengan sarangnya yang penuh dengan sampah.
Makna kata yang bergaris bawah pada teks di atas yakni ....
A. tingkah laku   
B. cara makan 
C. cara berjalan
D. cara menjaga kebersihan


15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Mamaaaaa!!!!” teriak Sasa.
“Ada apa, Sasa? Kok teriak-teriak begitu kayak di hutan saja,” tanya mama.
“Ini nih, Ma. Lihat!! Masak bajunya gak muat, mana besok harus tiba ke pesta ulang tahun Reno.”
“Ya sudah, pakai yang lain saja atau mau pakai punya mama?” kata mama sambil tersenyum.
Sasa hanya bisa mengernyitkan dahinya dan mendengus kesal.

Makna tersurat dari kutipan cerpen di atas yakni ….
A. Sasa kesal lantaran diejek oleh mamanya.
B. Sasa tidak memiliki baju untuk ke pesta ulang tahun Reno.
C. Mama memilihkan baju untuk Sasa
D. Sasa sedang mempersiapkan baju yang akan digunakan dikala pesta ulang tahun Reno

16. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Si Rusa tiba-tiba murka mendengar balasan Si Kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”

Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun Si Rusa tetap marah. Bahkan, Si Rusa mengancam akan menginjak badan Si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.

       Penggalan cerpen tersebut termasuk pada bagian...
A. orientasi
B. resolusi
C. komplikasi
D. koda

17. Perhatikan kutipan cerpen di bawah ini!


Namanya Dion Ramadion. Ia tetanggaku semenjak saya lahir. Rumah kami hanya dibatasi sebuah tembok. Aku dan Dion bersekolah di tempat yang sama, bahkan di kelas yang sama.  Dion tidak punya saudara. Ayah ibunya bekerja di luar kota. Dion tinggal bersama abang sepupunya yang masih kuliah. Ia sering sendirian di rumah. Kalau mau bermain, Dion niscaya ke rumahku.

Penggalan teks cerpen di atas termasuk ke dalam struktur ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi 
D. A.  simpulan


18. Cermatilah kutipan cerpen berikut!

Masjid Almakmur tampaknya ditakdirkan untuk orang-orang pensiunan. Tidak banyak memang, lebih kurang dua puluhan untuk jamaah harian laki-laki. Jamaah perempuan lebih kurang sama lantaran sebagian besar ikut suami ke masjid. Oleh lantaran itu, Wen hafal betul wajah-wajah harian jamaah Masjid Almakmur.

Gambaran dalam teks tersebut mempunyai makna simbol ….
A. masyarakat modern
B. masyarakat sosial 
C. masyarakat religius
D. keakraban antarsesama 

19. Bacalah teks berikut!


“Nis, maafin saya kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.
“Yola gres belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah menciptakan Nisa sama teman-teman benci Yola,” bunyi parau Yola mengiang di indera pendengaran Nisa, terang sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.
Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah usang ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk badan Yola. Siapa yang tidak rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?
Lia dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa menciptakan Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat dengan baik kembali.

(Fitrah karya Zhilan Zhalila)

Simpulan isi kutipan cerpen tersebut yakni .. 
A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia 
B. Fitrah sanggup memecah belah persahabatan
C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati  
D. Hubungan persahabatan sanggup dipulihkan kembali 

20. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan lantaran banyak tumbuhan yang ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan, tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmin di situ yang kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget lantaran Parmin tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja, bantuin beres-beres” beliau memang batal pulang dan beliau sangat kecewa. Tidak gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.    

Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut yakni ....
A. Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip gerak-gerik Parmin
B. Tokoh saya  mencegah semoga pulangnya nanti saja 
C. Parmin batal pulang dan tampaknya sangat kecewa.
D. Parmin tidak ngomong apa-apa selalu menunduk dan menaruh sepeda


Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

21. Bacalah kutipan teks berikut!

Teks 1
Kali ini Karyamin tidak hanya tersenyum, melainkan tertawa keras-keras. Demikian keras sehingga mengundang seribu lebah masuk ke telinganya. Seribu lunang masuk ke matanya. Lambungnya yang kampong berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika melihat badan Karyamin jatuh terguling ke lembah, Pak Pamong berusaha menahannya. Sayang, gagal.

Teks 2
Suatu pagi yang indah dengan matahari yang cerah,  Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa. “Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip.  Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan buah tangan yang cukup banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari Istimewa untuk keluargamu.”
     
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks di atas ditunjukkan nomor
     

Teks 1
Teks 2
1.
terdapat kata sandang
tidak terdapat kata sandang
2.
tidak terdapat kalimat pribadi
terdapat kalimat langsung
3.
kata-kata tidak baku
kata-kata baku
4.
dipengaruhi bahasa asing
dipengaruhi bahasa daerah

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

22. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!


Cerpen I
“Wah, tinggi sekali ya, Kak?” Dayat tercengang. Tiba-tiba Dayat melihat burung besar berwarna kuning kecoklatan sedang terbang melayang di atas mereka.
“Kak lihat! Burung itu besar dan gagah ya?” Dayat yang suka dengan burung pribadi bersemangat.
“Bentuknya mirip burung garuda, lambang negara kita.”
“Itu burung elang jawa yang langka. Burung itu bahagia bersarang di pohon puspa lantaran tingginya,” Kak Wira kemudian menjelaskan.
Dayat pun terkagum-kagum menyaksikan burung elang jawa itu. Ia sekarang paham, mungkin inilah yang dimaksud acara mengasyikkan oleh kakaknya.

(Menanam Pohon Puspa karya Tyas K.W.)
Cerpen II
“Kamu nanti berangkat jam berapa, Ami?” tanya nenek.
“Jam delapan, Nek. Setelah beres semuanya, saya mau bersiap-siap,” jawabku yang tengah menyiapkan obat pagi untuk nenek.
“Kalau libur hati-hati ya. Apalagi di tengah kerumunan orang banyak, harus selalu jeli dan teliti. Jangan hanya bermain ponsel, sampai tidak tahu apa yang terjadi.”
“Iya, Nek. Aku niscaya berhati-hati. Terima kasih atas peringatannya.”
Akhir-akhir ini memang marak terjadi tindak kriminalitas justru di tempat-tempat umum. Mulai dari pembunuhan terhadap anak balita, penyerangan membabi buta terhadap petugas stasiun, sampai banyak tertangkapnya orang yang membawa senjata tajam dikala bepergian.

(Impianku karya Etih Nurhalimah)

   Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut ditunjukkan nomor....

Cerpen I
Cerpen II
1.
terdapat kata ganti orang ketiga
terdapat kata ganti orang pertama
2.
kata-kata yang digunakan lugas
banyak memakai kata kias
3.
menggunakan majas hiperbola
menggunakan majas metafora
4.
banyak memakai kalimat langsung
tidak memakai kalimat langsung

A. 1  
B. 2
C. 3
D. 4

23. .    Bacalah teks berikut!

(1) Rindu yakni persembahan novel Tere Liye di tahun 2014 yang betul-betul dirindukan. Rindu merupakan buku ke-20 karya pengarang produktif tersebut. (2) Novel ini ihwal perjalanan panjang jamaah haji Indonesia tahun 1938. Tentang kapal uap Blitar Holland. Tentang sejarah nusantara. Dan ihwal pertanyaan-pertanyaan seputar masa masa lalu, kebencian, takdir, cinta, dan kemunafikan. (3) Novel ini mempunyai alur alur dongeng sangat menarik dan mengalir untuk dibaca. Selain itu, menyajikan nuansa latar yang berbeda. Peristiwa yang terjadi di atas kapal mirip kapal uap yakni sebuah kampong. (4) Namun, dilihat dari sampulnya, Novel ini kurang menarik untuk dilihat. Sampul tersebut tidak sebanding dengan isinya yang menarik untuk dibaca.


Keunggulan novel tersebut ditandai nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

24.  Perhatikan kalimat di bawah ini!


Seorang guru bukan hanya sekadar seorang pengajar yang hanya mentransfer ilmu pada siswanya, melainkan ia harus pula menjadi tauladan banyak sekali hal-hal yang positif baik dalam berpakaian, bersikap, dan berprilaku.

Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata-kata yang bergaris bawah yang terdapat pada paragraf  tersebut  adalah ....
A. sekadar seharusnya sekedar
B. mentransfer seharusnya menransfer
C. tauladan seharusnya teladan 
D. positif seharusnya positip 

25. Cermati kalimat berikut!


Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar alasannya sudah disuntik anticacar.

Istilah kesehatan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. erupsi
B.  infeksi
C. imun
D. steril
      
Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

26. Perhatikan kalimat berikut!


Barmin memperdalam anutan agamanya [...] imannya meningkat.

 Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. dan   
B. untuk
C. agar
D. kemudian

27.  Cermatilah kutipan teks mekanisme berikut!


Paspor yakni […] resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya. Paspor berlaku untuk melaksanakan perjalanan antarnegara.

Kata yang tepat untuk melengkapi penggalan rumpang tersebut yakni ….\
A. surat
B. dokumen
C. keterangan 
D. buku.
                                                                        
28. Cermatilah paragraf berikut!


Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan mempunyai kewajiban mentaati peraturan kemudian lintas. Pengguna jalan dihentikan menerobos lampu merah dan rambu kemudian lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban memberi teguran atau hukuman kepada pengguna jalan yang melaksanakan pelanggaran.

       Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ...
A. Hal ini sanggup mencelakakan pengguna jalan yang lain.  
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib berlalu lintas. 
D. Polisi mengawasi pelaku yang melanggar peraturan kemudian lintas.  


29. Perhatikan kalimat berikut!


Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik.
  
Perbaikan kesalahan penulisan kalimat tersebut di atas yakni ... 
A. Pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik.  
B. Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 
C. Para pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 
D. Para pemusik itu sudah berangkat ke Senayan untuk mengadakan pentas musik. 

30. Cermatilah cerpen berikut!


Setelah mendengar pengumuman, keesokan pagi kemudian Ayah menemui Prajurit Gidal yang tingggal di rumah penduduk di tepi sungai.
“Kenapa kedatangan Ki Sanak tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan alias tidak melapor kepada kami?’
Ha, ha, ha, ha! Yang berhak memerintah dan bertanya mestinya saya. Sayalah petugas yang sah. “ Jawab Prajurit Gidal.

Berikut ini yang merupakan perubahan teks obrolan cerpen menjadi teks narasi yakni …
A. Keesokan harinya, Ayah menemui Prajurit Gidal di rumah penduduk di tepian sungai. Ayah mempertanyakan mengapa Prajurit Gidal tiba tiba-tiba dan tidak melapor.
B. Keesokan harinya Ayah membentak dan memarahi Prajurit Gidal. Ayah mempertanyakan mengapa beliau tidak tidur di tengah desa. 
C. Ayah segera menemui Prajurit Gidal dan menawarinya untuk tidur di rumah di dalam desa. 
D. Tanpa memedulikan siapa pun, Ayah menemui sendiri Prajurit Gidal di tepi sungai. Ayah memarahinya dan menanyakan kenapa beliau tidak tidur di pos ronda kampung saja.

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

31. Bacalah teks berikut!


(1) Proses perkembangan gawai di kalangan cukup umur meningkat pesat. (2) Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3) Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi dijadikan sebagai ajang bergengsi untuk selalu mengikuti tren gres dari maraknya gawai yang menimbulkan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap sesuatu, gampang putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama memakai gawai. (7) Gawai merupakan sebuah penemuan dari teknologi terbaru dengan fitur terbaru yang mempunyai fungsi simpel dan lebih berguna.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ...
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (6) dan (7) 


32. Perhatikan kalimat berikut!


 Kami selalu sarapan pagi semoga supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat adalah ...
A. Kami selalu sarapan pagi semoga tidak sakit perut ketika berolahraga.
B. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakit perut ketika berolahraga. 
C. Ketika berolahraga kami selalu sarapan semoga tidak sakit perut.
D. Kami selalu sarapan semoga tidak sakit perut ketika berolahraga. 

33.  Bacalah teks berikut!


Musim hujan atau demam isu berair yakni demam isu dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis […], demam isu hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan demam isu (pancaroba).


Kata/istilah yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut yakni ….
A. astronomi
B. metereologi
C. geografi 
D. sosiologi
  
34. Cermati kalimat di bawah ini!


Akhir-akhir ini makin marak agresi bagi kaos caleg mendekati pemilu yang tinggal sebentar lagi. 

Bentuk kata yang bergaris bawah tersebut kurang tepat dan perlu diubah menjadi ….
A. bagi-bagi 
B. pembagian 
C. bagian
D. bagian-bagian

35.  Perhatikan teks di bawah ini!

Dalam materi ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional SMP/MTs terdapat beberapa level kognitip, ada pengetahuan, pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Setiap ranah ada beberapa keterampilan yang harus siswa kuasai, yaitu mengidentivikasi, mengevaluasi, dan merepleksi.


    Penulisan kata yang bergaris bawah tersebut salah ejaan lantaran ....
A. menggunakan ejaan lama
B. pilihan kata tidak tepat
C. menggunakan bahasa sehari-hari
D. tidak memakai bahasa baku


Latihan Online Soal UN USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

36. Cermati paragraf berikut!

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada paragraf tersebut yakni .…
A. mengikuti kata yang merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan untuk memisahkan perincian yang satu dengan yang lain
C. dipakai untuk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan penggalan pada kalimat beragam setara

37. Cermati teks mekanisme berikut!


Anda sanggup menyaksikan gerhana matahari dengan kacamata gerhana. Jika tidak mempunyai kacamata gerhana, Anda bisa membuatnya. Berikut cara menciptakan kacamata gerhana.
(1)     Sediakan materi dan alat berupa kertas karton yang kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau gunting, serta lem.
(2)     Buatlah pola kacamata dengan karton sesuai ukuran mata Anda kemudian potonglah.
(3)     Warnai pola dengan cat air tepat di tengah yang ditandai dengan garis putus-putus.
(4)     Lubangi karton yang sudah dibuat pola pada penggalan mata kiri dan kanan.
(5)     Potong negatif film sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dengan lem pada lubang karton tersebut.
Selamat mencoba!

       Alasan ketidakpaduan teks mekanisme tersebut yakni ....
A. pernyataan umum tidak bekerjasama dengan langkah-langkah 
B. penutup tidak menggambarkan topik ihwal kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dengan kalimat sebelum dan sesudahnya
D. langkah acara dan epilog tidak bekerjasama langsung 


38. Cermati kalimat berikut!

Kesalahan penulisan terdapat pada kata bernomor....
A. (3) dan (4)
B. (1) dan (6)
C.  (2) dan (5)
D.(1) dan (4)


39. Bacalah kalimat berikut!


Ibu Nayla  Artini Direktur Utama PT Pradiptha meminta sekretarisnya untuk membeli 100 paket alat tulis.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut yakni ....
A. mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Artini dan alat 
B. mencantumkan tanda titik dua (:) setelah kata Pradiptha dan membeli
C. mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Artini dan Pradiptha
D.mencantumkan tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya.


40.    Cermati kalimat berikut!


Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.

Kata dengan ejaan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. tehnologi
B.  technologi  
C. tekhnologi
D. teknologi

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

41. Perhatikan !

Kartini Award yakni acara tahunan organisasi yang dibuat semenjak dikala pada tahun1995, bagi para perempuan yang telah melaksanakan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut yakni . ... 
A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata dengan kaidah bahasa lndonesia
B. pemborosan kata, kata semenjak dan dikala maknanya sama 
C. kata hal-hal tidak diharapkan lantaran menciptakan rancu kalimat tersebut
D. kata dalam tidak diharapkan sehingga sanggup dihilangkan  

42.  Cermati teks berikut!

(1) Dua langkah penting untuk memastikan daya baca siswa jadi lebih baik.
(2) Pertaffia, merancang gerakan satu semester satu novel sebagai langkah awal pentradisian membaca.
(3) Menulis merupakan keterampilan berbahasa.
(4) Kedua, penciptaan model membaca produktif melalui peragaman teks bacaan untuk bermacam-macam jenis teks dan pengenalan teks-teks bacaan yang multimedia.



Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut yakni lantaran kalimat nomor ....


A.  (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4). 
B.  (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4). 
C.  (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D.  (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3). 

43. Cermati kalimat berikut! 

Kebun Raya Indrokilo  terletak di kampung Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.


Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yakni ...
A. kata kampung seharusnya Kampung 
B. kata Kelurahan seharusnya kelurahan 
C. kata Mojosongo seharusnya Mojo Songo
D. kata Kecamatan seharusnya kecamatan 


44. Cermati kalimat berikut!

"Sudahlah Cici, kami memaafkanmu?" kata Pusi dengan bijak.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yakni ...
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda tanya (?)
D. tanda petik (“...”)

45. Cermatilah kalimat berikut!

Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat  tersebut yakni ….
A. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
B. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  
C. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.  
D. Hari ini saya membawa dua buku mata pelajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.



Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!



46. Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
(2) Kakak membaca Majalah Kartini.
(3) Adik sangat menyukai masakan ringan manis bika Ambon.
(4) Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat.


Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) 
B. (2)  
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!
  
Biar Ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut yakni ...
A. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu,” ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
B. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
C. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.”
D. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"


48. Cermati kalimat berikut!

Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat yakni ...
A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata.”
B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar", kata AKP Sargiyata.
D. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur lumpur itu keluar,” kata AKP Sargiyata.


49. …. Uang itu tidak dijajankan semua. Ia menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kadang-kadang  uang  jajan  itu  ia  tabung  semuanya.  Meskipun  sedikit,  lama-lama tabungannya menjadi banyak.

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi awal paragraf di atas yakni ... 

A. Kita harus membiasakan diri menabung. 
B. Di sekolah Nadia hanya jajan Rp 500,00 saja. 
C. Menabung banyak manfaat untuk kita. 
D. Setiap hari Nadia diberi uang jajan Rp 1.000,00 oleh Ibunya.



50. …. Cocok digunakan untuk berekreasi. Udara di sana terasa sejuk. Jalan di pegunungan berliku-liku, semoga kendaraan lebih gampang berjalan. Banyak pohon cemara di kanan dan kiri jalan, menambah indahnya kawasan pegunungan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ….
A. Kemarin saya ke gunung.
B. Di pegunungan banyak pohon-pohon.
C. Daerah pegunungan memang sangat indah. 
D. Keluargaku bahagia bertamasya ke kawasan pegunungan.


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


Demikian pola sederhana latihan online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================




= Baca Juga =



0 Response to "Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2013 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png