-->

Fatwa Ulama: Haram Hukumnya Menyelidiki Dan Memata-Matai Hp Suami Anda Begitu Juga Sebaliknya

Anda gemar membuka-buka dan mematai ponsel pasangan? Sebelum segalanya terjadi, sebaiknya perhatikanlah pedoman berikut ini wacana salah satu fenomena yang kian jamak dan dianggap sepele bahkan seakan menerima bermacam-macam pembenaran tersebut.

Menurut Penasihat Bidang Ilmu Pengetahuan Dar al-Ifta Mesir, Syekh Majdi Asyur, aturan menyidik dan memata-matai HP bagi pasangan suami istri yakni haram dan dihentikan agama. 


“Larangan ini bersifat mutlak untuk keduanya tak ada pengecualian,” katanya menyerupai dikutip dari tayangan video resmi Lembaga Fatwa Mesir, di Jakarta, Rabu (25/1).  

Dia menjelaskan, memata-matai pasangan dengan menyidik ponselnya yakni bentuk tajassus yang tidak diperbolehkan agama.

”Hai orang-orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, sebetulnya sebagian prasangka itu yakni dosa dan janganlah kau mencari-cari kesalahan orang lain.” (QS al-Hujurat [49]: 12). 

Dia juga mengutip larangan mencari-cari kesalahan itu dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim.  

Aksi tersebut merupakan gerbang menuju kecurigaan dan keraguan di antara pasutri. “Jika kedua hal itu sudah hinggap berpotensi besar menimbulkan perceraian,” ujarnya.  

Sebagai solusi, Syekh Majdi menyarankan pasutri (pasangan suami istri) saling menanam kepercayaan, buatlah pasangan nyaman dan tidak gampang berpaling. 

Dalam konteks istri misalnya, berusahalah layani suami semaksimal mungkin. Demikian pula suami, hendaknya bisa memegang amanah dan tanggung jawab sebagai kepala keluarga.  

Dia menyebutkan, berapa banyak biduk rumah tangga tenggelam akhir saling curiga-mencurigai dengan menyidik ponsel pasangan masing-masing.  

Di Arab Saudi misalnya, pemicu kasus perceraian didominasi kecurigaan yang muncul di antara kedua pasutri usai ‘membongkar’ isi ponsel pasangannya.  

Dia mengingatkan abjad setan itu akan menarik hati melalui aneka macam cara dan media yang memungkinkan, sesuai zamannya. 

Dan media yang paling sempurna pada masa sekarang, antara lain yakni mematai HP pasangan. 


“Jangan lakukan yang demikian, bertakwalah kepada Allah SWT, dan serahkan semua kepada-Nya,” kata Syekh Majdi. (republika)



= Baca Juga =



0 Response to "Fatwa Ulama: Haram Hukumnya Menyelidiki Dan Memata-Matai Hp Suami Anda Begitu Juga Sebaliknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png