-->

Agenda Pembaruan Data Madrasah Di Tahun Pelajaran 2017/2018

Agenda updating data madrasah di tahun pelajaran Baru - Tahun Pelajaran gres telah dimulai. Saatnya operator madrasah/sekolah memulai aktifitas pengisian data, baik manajemen maupun data online madrasah.

Operator madrasah jangan hingga lupa proses updating data tersebut. Di madrasah ada 2 aplikasi pokok yang harus diperhatikan updating datanya, yaitu EMIS dan SIPATIKA.

Berikut ini merupakan klarifikasi singkat cara pengerjaan dan langkah-langkah kedua aplikasi tersebut. Penjelasan ini sekedar sebagai pengingat kembali para operator madrasah.

Prosedur updating data Emis dan Simpatika

Berikut ini ialah klarifikasi singkat proses update data Emis dan Simpatika:

1. EMIS

Education Management Information System (Emis), merupakan sistem gosip yang dikembangkan oleh Kementerian Agama dengan tujuan untuk mempermudah input data madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. Dengan sistem ini madrasah menjadi lebih gampang dalam melaporkan perkembangannya.

Sistem usang cukup sulit untuk diketahui perkembangan dan data mutakhir madrasah-madrasah di seluruh indonesia. Dengan EMIS lebih gampang dalam menemukan data valid perihal madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Beberapa langkah updating data EMIS diantaranya:
  1. Mengisi Form Excel EMIS yang tertiri dari 4 file yang mencakup Lembaga, Siswa, PTK, dan Lulusan.
  2. Mmengisi data pada Aplikasi EMIS versi desktop. Isilah data yang diharapkan pada kolom-kolom yang tersedia. Lanjutkan dengan mengupload semua form excel yang sudah diisi. Jika selesai lanjutkan dengan menciptakan file backup. File backup inilah yang nanti diupload secara online.
  3. Lakukan proses upload EMIS Online. Tahap ini diadaptasi dengan jadwal masing-masing kabupaten/kota sesuai rilis tim EMIS Pusat.
Baca juga: Hari Senin Wajib Nyanyikan Indonesia Raya Tiga Stanza

2. Simpatika

SIMPATIKA merupakan lanjutan dari PADAMU NEGERI yang dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan Kemenag. Beberapa langkah di SIMPATIKA sama dengan mekanisme yang ada di PADAMU NGERI.

Fitur-fitur di SIMPATIKA aneka macam dan komplek sehingga prosesnya sedikit rumit. Simpatika selalu update fiturnya untuk menyesuaikan perkembangan kebutuhan data.

Dalam SIMPATIKA terdapat form untuk eksklusif dan untuk Madrasah. Berikut penjelasannya:

a. SIMPATIKA untuk Pribadi

Berikut ini ialah mekanisme yang harus dilakukan oleh guru madrasah pada simpatika:
  1. Aktifasi akun pada setiap semesternya dan mencetak kartu PTK Simpatika
  2. Updating data bila masih terdapat kesalahan menyerupai gosip pribadi, riwayat mengajar, dan data lainya.
  3. Updating data sertifikasi. Tentu saja tahap ini khusus guru yang sudah sertifikasi. Ada beberapa hal yang harus diisi dan dikerjakan oleh guru yang sudah sertifikasi, diantaranya ialah cetak SKBK online.
Baca juga: Kemenag Segera Laksanakan Uji Coba PPKB-GPAI Tahun 2017

b. SIMPATIKA untuk madrasah

Operator Madrasah harus mengerjakan beberapa fitur yang ada untuk updating daya yang diharapkan pada setiap semesternya. Diantaranya ialah sebagai berikut:
  1. Updating data gosip madrasah bila ada data gres yang harus diinput.
  2. Entri data siswa gres pada fitur siswa. Selain entri data tersebut, operator juga harus mengelompokkan siswa pada kelas yang sudah dibentuk pada SIMPATIKA sebelumnya.
  3. Entri data jadwal mingguan pada fitur jadwal. Entri jadwal ini memperlihatkan imbas pada keaktifan semua PTK madrasah.
Proses updating data madrasah yang tercantum pada posting ini hanyalah sebagian kecil. Masih banyak hal lain yang perlu diupdate. Intinya, operator madrasah dan juga PTK harus melaksanakan updating data dengan sungguh-sungguh, valid dan bertanggung jawab.

0 Response to "Agenda Pembaruan Data Madrasah Di Tahun Pelajaran 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png