-->

Pendidikan Anak Berdasarkan Alquran

Pendidikan Anak Menurut Quran | Info Madrasah - Pendidikan yang berkarakter harus diberikan kepada belum dewasa kita. Pendidikan yang mengarah kepada tauhid yaitu sebuah keniscayaan di tengah-tengah tantangan global ibarat remaja ini. Betapa telah banyak belum dewasa kita yang tidak lagi mengingat Tuhannya, melupakan kewajiban shalat dan rendahnya watak mereka.

Mendasarkan pendidikan anak-anak kita kepada Al-Qur'an yaitu tindakan yang tepat. Konsep pendidikan berdasar Al-Qur'an akan menimbulkan anak kita insan yang utuh, insan jasmani dan rohaninya. Sekarang ini banyak insan yang hanya insan sisi jasmaninya, sementara rohaninya yaitu binatang. Manusia ahsani taqwim adalah insan yang kedua dimensinya benar-benar manusia.

Dalam sebuah artikel di Republika Online disebutkan, ada tiga pendidikan mental dasar yang wajib diberikan oleh orang bau tanah pada anak-anaknya dengan mendasarkan pada surat Luqman ayat 17, yaitu
  1. komitmen tinggi dalam mendirikan shalat, 
  2. keberanian beramar makruf dan nahi mungkar, serta 
  3. berjiwa ksatria dan sabar.
 Baca juga: Dari 773 Ribu Guru Honorer, Cuma Separuh yang Profesional

Sementara itu, dalam surat Luqman ayat 18 disebutkan ada dua pilar utama pendidikan watak mulia yang wajib diberikan kepada  anak, yaitu :
  1. tawadhu (rendah hati) dan tidak sombong yang tidak memalingkan wajah alasannya yaitu menganggap rendah orang lain. 
  2. berlaku santun dan tidak arogan ketika berjalan dan berkarya.
Sedangkan bagaimana anak semestinya berpenampilan juga telah diatur dengan tegas di dalam Quran yaitu surat Luqman ayat 19. Dalam ayat ini dijelaskan supaya orang bau tanah memperlihatkan dua contoh berpenampilan pada anak, yaitu sederhana dalam sikap, penampilan dan bertutur lembut, serta bijaksana dalam kebenaran.

Seperti belahan ayatnya yang berbunyi, ''Dan sederhanalah kau dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu.''

Baca juga:  TPG Terhutang Guru Madrasah Lunas Tahun 2017

Yang tidak kalah pentingnya bagi para orang bau tanah biar melahirkan anak jago yaitu melalui rezeki yang halal. Anak yang kepadanya hanya diberikan makanan halal maka pertumbuhan dan perkembangannya sampai ia tumbuh menjadi remaja akan menjadi orang baik yang saleh. Sebaliknya, jikalau makanan yang diberikan yaitu haram maka mereka akan tumbuh dan berubah menjadi anak yang sulit diatur dengan memakai norma Agama. Mereka lebih suka memperturutkan hawa nafsu.

Anda gres saja membaca Pendidikan Anak Menurut Alquran dari Info Madrasah.

0 Response to "Pendidikan Anak Berdasarkan Alquran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png