Permasalahan Dan Solusi Ketika Sinkronisasi Unbk 2018
Sobat , kegiatan sinkronisasi untuk simulasi 1 telah dirilis oleh Puspendik. Untuk SMP/MTs pada tanggal 11 November 2017, SMA/MA 10-11 November 2017 dan 3-4 November 2017.
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) yaitu sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
Sobat , berikut yaitu daftar permasalahan yang sering muncul ketika sinkronisasi server serta solusinya:
Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar
Solusi: ID server pernah dipakai oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id
Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup
Solusi: Siap untuk melaksanakan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melaksanakan submit dengan interval waktu tertentu sampai AKTIF
Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet
Solusi: Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 yaitu bridge dan NIC 2 yaitu NAT
Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat
Solusi: cek penulisan ID Server
Gagal Sinkronisasi
Solusi: Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit sampai muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi
Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync
Solusi: Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang dipakai yaitu WIB
Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif
Solusi: Silahkan restart kembali CBT SYNC sehabis itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token
Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?
Solusi: Token tidak setiap ketika dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja
Bagaimana cara Restart CBTSync ?
Solusi: Tekan tombol alt + f4
Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync
Solusi: Matikan proxy atau apabila memakai mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa
Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet
Solusi: Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser sanggup membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh
File lisensi error
Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.
File lisensi error
Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.
2. SIMULASI 2 DAN SETERUSNYA CBTSync
Serial Number tidak Muncul?
Solusi: Silahkan cek kembali:
Lisensi tidak Valid
Solusi:
Kami_Madrasah
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) yaitu sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
Sobat , berikut yaitu daftar permasalahan yang sering muncul ketika sinkronisasi server serta solusinya:
1. SINKRONISASI AWAL (CBTSync)
Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar
Solusi: ID server pernah dipakai oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id
Status STANDBY-Akses ke server sentra masih ditutup
Solusi: Siap untuk melaksanakan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melaksanakan submit dengan interval waktu tertentu sampai AKTIF
Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet
Solusi: Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 yaitu bridge dan NIC 2 yaitu NAT
Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat
Solusi: cek penulisan ID Server
Gagal Sinkronisasi
Solusi: Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit sampai muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi
Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync
Solusi: Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang dipakai yaitu WIB
Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif
Solusi: Silahkan restart kembali CBT SYNC sehabis itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token
Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?
Solusi: Token tidak setiap ketika dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja
Bagaimana cara Restart CBTSync ?
Solusi: Tekan tombol alt + f4
Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync
Solusi: Matikan proxy atau apabila memakai mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa
Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet
Solusi: Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser sanggup membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh
File lisensi error
Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.
File lisensi error
Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.
2. SIMULASI 2 DAN SETERUSNYA CBTSync
Serial Number tidak Muncul?
Solusi: Silahkan cek kembali:
- konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang memakai IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
- Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
- Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)
Lisensi tidak Valid
Solusi:
- Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
- Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web UNBK
- Pastikan fitur sharing sudah aktif
Kami_Madrasah
0 Response to "Permasalahan Dan Solusi Ketika Sinkronisasi Unbk 2018"
Post a Comment