Langkah Persiapan Kelengkapan Data Unbk Tahun Pedoman 2018/2019
Meskipun belum ada informasi resmi jadwal pelaksanaan Ujian Nasional 2019 dari Kemdikbud namun kita sanggup memperlihatkan citra bahwa UNBK 2019 tidak akan beda jauh dengan UNBK 2018. Seperti tahun sebelumnya pelaksanaan simulasi UNBK biasanya akan dilaksanakan sesudah menempuh semester 1 tahun 2018/2019. Agar tidak kuwalahan menangani data siswa yang khususnya mengikuti UNBK maka perlu mempersiapkan kevalidan data siswa seawal mungkin.
Data siswa yang mengikuti UNBK diambil dari aplikasi BIOUN yang bersumber melalui data PDUN sedangkan data PDUN validasinya melalui vervalPD, silahkan Kroscek dan Koreksi Data Siswa Persiapan UNBK 2019 dengan teliti menyerupai Nopes Ujian, No Ijasah, No SKHUN, Nama Ibu, NISN serta yang lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai UNBK 2019 sanggup anda ikuti di laman resminya : https://unbk.kemdikbud.go.id
Sementara data siswa yang akan mengikuti UN belum masuk pada aplikasi UNBK 2019 sebab palikasi BOIUN masih dalam tahap perbaikan. Karena aktifitas ini dilakukan tahunan sebagai pengingat kembali berikut langkah-langkah mepersiapkan kelengkapan data Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun pemikiran 2018/2019 menyerupai yang di jelaskan pada laman resminya :
1. Penetapan status sekolah (Mandiri/Menumpang) oleh dinas terkait
2. Penetapan daerah pelaksanaan untuk sekolah yang menumpang
3. Melengkapi data identitas sekolah yang mencakup :
4. Menarik biodata akseptor dari BIOUN, data yang akan ditarik yaitu data yang sudah dilakukan generate nomor akseptor (berdasarkan DNT)
5. Mengisi rincian data server, client dan ruangan
6. Melakukan pengaturan server dan sesi
7. Cek kelengkapan data
8. Mencetak kartu peserta
9. Mencetak daftar hadir peserta
Petugas yang ditunjuk dengan didampingi pengawas ujian melaksanakan pencetakan dengan urutan langkah sebagai berikut :
1. Membuka laman ubk.kemdikbud.go.id sajian Siswa Berkebutuhan Khusus - Aplikasi dan Naskah.
2. Mengunduh Aplikasi Cetak (cukup satu kali)
3. Mengunduh File Naskah (setiap hari)
4. Mengcopy file aplikasi dan naskah ke komputer sekolah
5. Memastikan bahwa komputer untuk mencetak sudah terhubung dengan printer pribadi dan berisi kertas ukuran A4 yang cukup.
6. Mencetak Naskah dan Lembar Jawaban dengan memakai aplikasi yang sudah diberikan.
7. Memasukan naskah dan lembar tanggapan ke amplop, kemudian ditutup rapat.
8. Menyerahkan amplop naskah ke pengawas ujian.
9. Langkah 1-8 dilakukan setiap hari ujian mulai jam 07.30 Waktu setempat.
Catatan:
- Cetakan Naskah dan lembar tanggapan dihentikan digandakan.
- Jumlah halaman untuk low vision sanggup 60 halaman.
Untuk ujian yang dilaksanakan di sekolah, ruang ujian tidak harus menjadi satu dengan ruang ujian akseptor UNBK.
1, Pengawas dengan membawa amplop naskah memasuki ruang ujian pada jam 10.15 bersama dengan akseptor ujian.
2. Pengawas membuka amplop naskah, mengeluarkan dan menaruh naskah di depan peserta.
3. Pada Jam 10.30 pengawas meminta akseptor untuk mengerjakan soal.
4. 10 menit sebelum waktu habis, pengawas mengingatkan akseptor kalau waktu tinggal 10 menit.
5. Pada jam 12.30 pengawas memberikan bahwa waktu ujian sudah selesai dan mengambil naskah dan lembar tanggapan peserta.
6. Pengawas menandatangani dan menulis namanya pada Lembar Jawaban akseptor di daerah yang telah disediakan.
7. Pengawas menyerahkan naskah yang sudah terpakai dan lembar tanggapan kepada panitia sekolah.
1. Petugas mendapatkan Lembar Jawaban dari pengawas.
2. Petugas memindai (dengan mesin scanner) lembar tanggapan peserta.
3. Pengawas memastikan hasil pemindaian terlihat terang (terbaca oleh mata), jikalau belum terang sanggup diulang.
4. Petugas mengunggah file gambar lembar tanggapan di laman UBK pada sajian Siswa Berkebutuhan Khusus - Jawaban.
5. Pengunggahan harus segera sesudah ujian berakhir pada hari ujian.
6. Panitia Sekolah menyimpan Lembar Jawaban Peserta.
Sementara data siswa yang akan mengikuti UN belum masuk pada aplikasi UNBK 2019 sebab palikasi BOIUN masih dalam tahap perbaikan. Karena aktifitas ini dilakukan tahunan sebagai pengingat kembali berikut langkah-langkah mepersiapkan kelengkapan data Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun pemikiran 2018/2019 menyerupai yang di jelaskan pada laman resminya :
1. Penetapan status sekolah (Mandiri/Menumpang) oleh dinas terkait
2. Penetapan daerah pelaksanaan untuk sekolah yang menumpang
3. Melengkapi data identitas sekolah yang mencakup :
- Rekap jumlah akseptor tingkat selesai dan jumlah sesi yang akan digunakan
- Data Proktor/Teknisi utama
- Jumlah server dan client
- Data koneksi internet berikut dengan kontak person
4. Menarik biodata akseptor dari BIOUN, data yang akan ditarik yaitu data yang sudah dilakukan generate nomor akseptor (berdasarkan DNT)
5. Mengisi rincian data server, client dan ruangan
6. Melakukan pengaturan server dan sesi
7. Cek kelengkapan data
8. Mencetak kartu peserta
9. Mencetak daftar hadir peserta
UNBK bagi siswa yang berkebutuhan khusus
Penjelasan UNBK untuk siswa berkebutuhan khusus ini hanya sekedar sebagai informasi saja untuk wali siswa maupun guru yang lain, namun perlu diperhatikan bahwa klarifikasi ini masih mengacu pada tahun 2017/2018 dan sewaktu waktu ada perubahan mengikuti peraturan kemdikbud.Khusus tuna netra dengan Braile
Naskah soal dan Lembar Jawaban, serta isu acara dikirim dari panitia provinsi. Tidak perlu mengunduh dari laman ini. Jadwal Ujian Jam 10.30 - 12.30 waktu setempat. Lembar Jawaban dan Berita program diupload melalui laman ini.Khusus tuna rungu SMA/MA/SMK yang ujian tetap dengan UNBK
Tidak perlu mengunduh naskah dari laman ini. Semua naskah ujian akan ditampilkan melalui komputer menyerupai halnya yang lain. Untuk Ujian Bahasa Inggris, pada soal listening, akan diganti dengan soal yang tidak memakai listening (tetap memakai komputer). Jadwal Ujian mengikuti jadwal UNBK, sesuai sesinya. Berita program mengikuti isu program di UNBK dan tidak perlu diupload sajian siswa khusus.Naskah dan lembar jawaban
Naskah dan Lembar Jawaban tidak dikirim dari percetakan, tetapi didistribusikan pribadi ke sekolah melalui laman ini. Pencetakan Naskah dan Lembar Jawaban dilaksankan oleh petugas yang ditunjuk oleh sekolah.Petugas yang ditunjuk dengan didampingi pengawas ujian melaksanakan pencetakan dengan urutan langkah sebagai berikut :
1. Membuka laman ubk.kemdikbud.go.id sajian Siswa Berkebutuhan Khusus - Aplikasi dan Naskah.
2. Mengunduh Aplikasi Cetak (cukup satu kali)
3. Mengunduh File Naskah (setiap hari)
4. Mengcopy file aplikasi dan naskah ke komputer sekolah
5. Memastikan bahwa komputer untuk mencetak sudah terhubung dengan printer pribadi dan berisi kertas ukuran A4 yang cukup.
6. Mencetak Naskah dan Lembar Jawaban dengan memakai aplikasi yang sudah diberikan.
7. Memasukan naskah dan lembar tanggapan ke amplop, kemudian ditutup rapat.
8. Menyerahkan amplop naskah ke pengawas ujian.
9. Langkah 1-8 dilakukan setiap hari ujian mulai jam 07.30 Waktu setempat.
Catatan:
- Cetakan Naskah dan lembar tanggapan dihentikan digandakan.
- Jumlah halaman untuk low vision sanggup 60 halaman.
Pelaksanaan Ujian
Ujian dilaksanakan mengikuti jadwal UNKP, yaitu pada jam 10.30 - 12.30 waktu setempat.Untuk ujian yang dilaksanakan di sekolah, ruang ujian tidak harus menjadi satu dengan ruang ujian akseptor UNBK.
1, Pengawas dengan membawa amplop naskah memasuki ruang ujian pada jam 10.15 bersama dengan akseptor ujian.
2. Pengawas membuka amplop naskah, mengeluarkan dan menaruh naskah di depan peserta.
3. Pada Jam 10.30 pengawas meminta akseptor untuk mengerjakan soal.
4. 10 menit sebelum waktu habis, pengawas mengingatkan akseptor kalau waktu tinggal 10 menit.
5. Pada jam 12.30 pengawas memberikan bahwa waktu ujian sudah selesai dan mengambil naskah dan lembar tanggapan peserta.
6. Pengawas menandatangani dan menulis namanya pada Lembar Jawaban akseptor di daerah yang telah disediakan.
7. Pengawas menyerahkan naskah yang sudah terpakai dan lembar tanggapan kepada panitia sekolah.
Pengunggahan lembar jawaban
Panitia Sekolah dengan disaksikan oleh pengawas melaksanakan pengunggahan Lembar Jawaban, dengan langkah sebagai berikut :1. Petugas mendapatkan Lembar Jawaban dari pengawas.
2. Petugas memindai (dengan mesin scanner) lembar tanggapan peserta.
3. Pengawas memastikan hasil pemindaian terlihat terang (terbaca oleh mata), jikalau belum terang sanggup diulang.
4. Petugas mengunggah file gambar lembar tanggapan di laman UBK pada sajian Siswa Berkebutuhan Khusus - Jawaban.
5. Pengunggahan harus segera sesudah ujian berakhir pada hari ujian.
6. Panitia Sekolah menyimpan Lembar Jawaban Peserta.
0 Response to "Langkah Persiapan Kelengkapan Data Unbk Tahun Pedoman 2018/2019"
Post a Comment