-->

Pengalaman Aku Sukses Sinkronisasi Unbk Hanya 10 Menit

Cara sukses sinkronisasi UNBK - Sinkronisasi server UNBK menjadi langkah yang wajib dilakukan oleh para proktor sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer.
Jika tidak melaksanakan sinkronisasi, maka kita tidak dapat menyelenggarakan simulasi maupun UNBK itu sendiri.

Pada waktu sinkronisasi inilah, banyak hal yang dikeluhkan oleh para proktor. Terutama berkaitan dengan lamanya waktu untuk melaksanakan proses sinkronisasi.

 Sinkronisasi server UNBK menjadi langkah yang wajib dilakukan oleh para proktor sekolah p Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Bahkan ada beberapa mitra proktor yang mengalami kegagalan berulangkali ketika proses sinkronisasi.
 Sinkronisasi server UNBK menjadi langkah yang wajib dilakukan oleh para proktor sekolah p Pengalaman Saya Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Bagi anda yang belum tahu, keberhasilan sinkronisasi UNBK ditandai dengan munculnya notifikasi menyerupai pada gambar di atas.

Kemudian status downloadnya akan berubah menyerupai pada gambar di bawah ini:


Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membuatkan pengalaman mengenai cara sukses sinkronisasi UNBK hanya 10 menit saja.

Pasti ada yang bertanya, apa benar hanya 10 menit saja?

Dengan jujur saya jawab IYA. Itu ialah waktu tercepat saya dalam melaksanakan sinkronisasi server UNBK.

Ketika awal mula saya jadi proktor memang ketika melaksanakan sinkronsasi UNBK membutuhkan waktu berjam-jam. Bahkan pernah hingga tengah malam.

Namun sesudah membaca petunjuk dengan seksama dan mencar ilmu dari pengalaman, ‘ketakutan’ saya terhadap proses sinkronisasi UNBK menjadi hilang.

Lalu, bagaimana cara saya biar proses sinkronisasi menjadi cepat dan berhasil?

Silahkan simak klarifikasi saya di bawah ini.

Tips Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar proses sinkronisasi berjalan dengan lancara dan sukses. Adapun hal-hal tersebut ialah sebagai berikut:

1. Baca Petunjuk dengan Teliti

Hal remeh namun sering dilupakan oleh proktor ialah membaca buku petunjuk. Rasanya malas jikalau disuru membaca, lebih yummy jikalau praktik langsung.

Dulu saya juga pernah berfikir menyerupai itu, namun seiring berjalannya waktu, membaca setiap petunjuk yang dikeluarkan oleh admin sentra menjadi kewajiban bagi saya.

Setelah saya amati, ternyata banyak problem dalam proses pelaksanaan UNBK ternyata sudah dibahas dengan terperinci dalam buku petunjuk.

Maka dari itu, telitilah dalam membaca setiap buku petunjuk.

2. Pastikan Installasi Aplikasi UNBK Sesuai Prosedur

Selanjutnya, anda harus melaksanakan proses installasi aplikasi UNBK dengan benar. Jangan hingga ada yang salah.

Proses installasi aplikasi UNBK yang saya maksud di sini berkaitan dengan installasi Virtual Box, Membuat Virtual Machine hingga dengan pemasangan exambrowser di komputer server dan client.

Semua aplikasi tersebut harus bekerja dengan baik dan benar. Mengenai cara installasinya saya anggap para proktor sudah hafal ya hehe

3. Koneksi Internet Harus Lancar

Faktor utama penentu cepat tidaknya proses sinkronisasi berdasarkan saya tergantung dengan koneksi internet yang ada.

Pada awal-awal menjadi proktor, koneksi internet di sekolah saya tidak hingga 1mbps. Akibatnya proses download data pada ketika sinkronisasi berlangsung selama berjam-jam.

Namun sesudah bandwitch internet ditingkatkan hingga mencapat 4mbps, proses sinkronisasi menjadi sangat lancar dan hanya berlangsung selama 10 menit saja.

Sehingga ketika saya menyinkronkan 2 server hanya perlu menghabiskan waktu tidak lebih dari setengah jam.

Kesimpulan: proses sinkronisasi server UNBK yang sangat usang itu disebabkan lantaran koneksi internet yang lamban. Maka dari itu percepatlah koneksinya supaya proses download data menjadi cepat.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan berkaitan dengan Pengalaman Sukses Sinkronisasi UNBK Hanya 10 Menit. Semoga dapat bermanfaat.
Sumber https://www.harianmadrasah.com/
Inspirasi: SAKRAM

0 Response to "Pengalaman Aku Sukses Sinkronisasi Unbk Hanya 10 Menit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png