-->

15 Rujukan Surat Resmi / Formal Dan Langsung / Informal Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terbaru

15 Contoh Surat Resmi / Formal dan Pribadi / Informal dalam Bahasa Inggris beserta Artinya Terbaru Mengetahui bagaimana cara menulis surat bahasa Inggris yang benar yaitu keterampilan dasar yang akan sangat Anda butuhkan dalam dunia bisnis, sekolah, dan kekerabatan pribadi. Untuk itu pada posting kali ini Soalterbaru.com ingin membuatkan pola letter baik pola surat formal bahasa Inggris maupun pola surat informal bahasa Inggris. Surat formal dalam bahasa Inggris umumnya digunakan dalam hubungan-hubungan resmi antar instansi atau individu dengan instansi ataupun sebaliknya. Sementara personal letter / surat pribadi / surat informal umum digunakan dalam hubungan-hubungan informal antar individu. Lalu apa-apa saja jenis suratnya? Bagaimana cara membuatnya? Seperti apa isinya? Semua itu akan kita kupas tuntas di sini.

Cara Menulis Surat Resmi atau Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

Berikut yaitu panduan dasar perihal cara untuk menempatkan pikiran Anda untuk kertas yang disebut surat, baik formal ataupun informal dalam bahasa Inggris dengan format yang benar!

15 Contoh Surat Resmi / Formal dan Pribadi / Informal dalam Bahasa Inggris

Contoh Formal Letter Bahasa Inggris

CONTOH ORDER LETTER (SURAT PERMOHONAN / PEMESANAN)

Eagle Baseball Team
Pahoman street No. 123
Bandarlampung
November 23rd , 2016

Mr. M. Leandro
Chief of Syrup Marjuss Production
Oldsticky Food Company
456 Maple Lane
Forest, ON 7W8 9Y0
Dear Mr. Leandro:
Let me, as the representative of my team, begin by thanking you for your past contributions to our baseball team. Your sponsorship supports in the purchase of ten full uniforms and all of baseball equipment we needed last year's season were so valuable.
Next month, our team is planning a player appreciation pancake breakfast honoring retired players for their past years of participation and present players for their loyalty and dedication in spite of the current difficult economic conditions in our team.
We would like to place an order with your company for 30 pounds of pancake mix and four gallons of maple syrup. We hope you will be able to provide these products as many as we require.
As you are a committed corporate sponsor and long-time associate, we hope that you will be able to join us for breakfast on December 22nd, 2016.
Respectfully yours,

Darker Jeter Smith
Eagle Baseball Team Manager
--- 
                                                                                                           Tim Baseball Eagle
                                                                                                           Jl. Pahoman No. 123
                                                                                                           Bandarlampung
                                                                                                           23 November 2016
Mr M. Leandro
Kepala Produksi Syrup Marjuss
Perusahaan Makanan Oldsticky
456 Maple Lane
Forest, ON 7W8 9Y0
Yang terhormat Tn. Leandro:
Izinkan saya, sebagai wakil dari tim saya, mulai dengan berterima kasih atas bantuan Anda di masa yang kemudian untuk tim bisbol ini. Sponsorship Anda membantu dalam pembelian sepuluh seragam lengkap dan semua peralatan bisbol yang kami butuhkan ekspresi dominan kemudian begitu berharga.
Bulan depan, tim kami berencana mengadakan apresiasi pemain dengan sarapan pancake menghormati pemain yang pensiun untuk tahun-tahun mereka partisipasi dan pemain yang ada kini untuk loyalitas dan pengabdian mereka terlepas dari kondisi ekonomi yang sulit ketika ini di tim kami.
Kami ingin melaksanakan pemesanan ke pada perusahaan Anda untuk 30 pon adonan pancake dan empat galon sirup maple. Kami berharap Anda akan sanggup menyediakan produk-produk ini sebanyak yang kita butuhkan.
Karena Anda yaitu perusahaan sponsor yang berkomitmen sekian lama, kami berharap Anda akan sanggup bergabung dengan kami untuk sarapan pagi tersebut pada 22 Desember 2016.
Hormat kami,

Darker Jeter Smith
Manager Team Baseball Eagle

CONTOH CLAIM LETTER (SURAT KLAIM / KOMPLAIN)

October 7th, 2016
Lawrence Wells,
Manager at Windows Unlimited,
Batak Street, No. 123 Medan
Dear Laurence Wells,
On October 7th, I purchased some curtains for my home and asked to have them installed the next day. I was willing to pay the additional cost and was informed that the installer would install them the next morning. When he came with my curtains, I was very disappointed to find that not only were they different color than what I had ordered, but one of them was ripped.
I was looking forward to having the beautiful curtains I had ordered for my new home, but I was very upset at what you had sent.
To remedy this situation, I would like replacement curtains that are the exact color I picked out, and all of them should be in proper condition. I am also asking that the next-day the curtains must be installed punctually.
I have already complained to the employee who sold me the curtains, Sally Sarah Eugene, but she could not help me and therefore referred me to you.
I don't think this is too much to ask in exchange for the inconvenience this has caused me.
Thank you for your fast response in this matter.
 Best,

Jane Dae
0857-8925-2152
---
                                                                                                                       7 Oktober 2016
Lawrence Wells,
Manajer di Windows Unlimited,
Jl. Batak, No 123 Medan
Yang terhormat Laurence Wells,
Pada tanggal 7 Oktober lalu, saya membeli beberapa tirai untuk rumah saya dan meminta mereka dipasang pada hari berikutnya. Saya bersedia membayar biaya aksesori dan diberitahu bahwa petugas pemasangan akan mememasangnya keesokan harinya. Ketika ia tiba dengan tirai saya, saya sangat kecewa alasannya yaitu menemukan bahwa tidak hanya warna mereka yang berbeda dari apa yang telah dipesan, tapi juga salah satu dari tirai tersebut robek.
Saya sedang menunggu untuk menerima tirai yang indah menyerupai yang  saya telah pesan untuk rumah gres saya, tapi saya sangat murka pada apa yang Anda telah kirim.
Untuk memperbaiki situasi ini, saya ingin tirai pengganti dengan warna yang sempurna menyerupai yang saya pilih, dan itu semua harus dalam kondisi yang sesuai. Saya juga meminta bahwa hari berikutnya tirai harus dipasangkan sempurna waktu.
Saya sudah mengeluh kepada karyawan yang menjual tirai tersebut ke pada saya, Sally Sarah Eugene, tapi ia tidak bisa membantu saya dan oleh alasannya yaitu itu diarahkannyalah saya ke pada Anda.
Saya tidak berpikir ini akan usang untuk meminta penggantian atas ketidaknyamanan yang telah terjadi pada saya.
Terima kasih atas respon cepat Anda dalam hal ini.
Salam Terbaik,

Jane Dae

CONTOH SURAT UNDANGAN FORMAL DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh 1
Dr. Michael Smith
123 ABC St.
Los Angeles, NY 9898
November 12th, 2016
Dr. Patricia Black
New York University, New York Medical Center
666 Medical Dr.
New York, CA 11111
Dear Dr. Black,
I am the chairman of the 2016 American Medical Conference that is being held this year in Los Angeles, California on December 5th, 2016. I hereby want to invite you to present your groundbreaking research on beta blockers in this seminar. A 40-minute discussion of your work along with a 20-minute question and answer session is essential to add the intellectual landscape of our annual medical conference.
The American Medical Association would be pleased to cover your travel and lodging expenses to visit the conference and we also provide a per diem budget during your stay.
Please reply with your answer as soon as possible so that we may begin making arrangements. I encourage you to contact me with any questions or concerns.
Kind regards,

Dr. Michael Smith
---
                                                                                                                Dr. Michael Smith
                                                                                                                123 ABC St.
                                                                                                                 Los Angeles, NY 9898
                                                                                                                12 November 2016
Dr. Patricia Black
New York University, New York Medical Center
666 Medikal Dr.
New York, CA 11111
Yang terhormat Dr Black,
Saya ketua American Medical Conference 2016 yang sedang diadakan tahun ini di Los Angeles, California pada tanggal 5 Desember 2016. Dengan ini saya ingin mengundang Anda untuk mempresentasikan terobosan penelitian Anda pada beta blockers dalam seminar ini. Sebuah diskusi selama 40 menit perihal apa yang sudah Anda kerjakan diikuti dengan sesi tanya jawab 20 menit yang sangat penting untuk menambah wawasan intelektual pada konferensi medis tahunan kita.
The American Medical Association / Asosiaasi Kesehatan Amerika akan dengan bahagia hati mencukupi biaya perjalanan dan penginapan Anda untuk mengunjungi konferensi ini dan kami juga menyediakan anggaran belanja harian untuk Anda selama Anda tinggal di sini.
Mohon balas ini dengan jawaban Anda sesegera mungkin sehingga kita sanggup mulai menciptakan persiapan. Saya menyarankan Anda untuk menghubungi saya jikalau mempunyai pertanyaan atau masalah.
Salam,

Dr. Michael Smith
Contoh 2
  Randall & Associates
  101 Beech Street,
  Jakarta
  Aug@randall.com
  November 25th, 2016

Sara Aurizone
Americanan street, No. 75
West Sumatra
Dear Sara Aurizone,
As a result of your application for the position of Customer Service, I would like to invite you to attend an interview on November 29th, at 9 AM at our office in Jakarta.
You will have an interview with the branch manager, Edie Amstrong. The interview will last about 30 minutes. Please bring three references as well as a copy of your Identity Card to the interview.
If the date or time of the interview is inconvenient, please contact me by email (Aug@randall.com) in order to arrange another appointment.
We look forward to seeing you.

Best regards,

Thomas Gunn
Administrative Director
---
                                                                                                               Randall & Associates
                                                                                                               Jalan Beech 101,
                                                                                                               Jakarta
                                                                                                               Aug@randall.com
                                                                                                              25 November 2016

Sara Aurizone
Jalan Americanan, No. 75
Sumatera barat

Yang tehormat Sara Aurizone,
Sebagai tanggapan dari lamaran Anda untuk posisi Customer Service, saya ingin mengundang Anda untuk menghadiri wawancara pada tanggal 29 November, pukul 9 pagi di kantor kami di Jakarta.
Anda akan dipersiapkan sebuah sesi wawancara dengan manajer cabang, Edie Amstrong. Wawancara akan berlangsung sekitar 30 menit. Harap membawa tiga rujukan serta salinan Kartu Tanda Penduduk Anda dalam wawancara.
Jika tanggal atau waktu wawancara tidak sesuai, silahkan hubungi saya melalui email (Aug@randall.com) untuk mengatur kesepakatan di waktu yang lain.
Kami berharap sanggup bertemu dengan Anda.

Salam Hormat,

Thomas Gunn
Direktur Administrasi

CONTOH SURAT UNDANGAN RESMI DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

             Englishia Institute of Management
             Sumatra Street No. 324, Jakarta
             October 7th, 2016

Keenza Abriella, Ph.D
Soedirman University
Sudirman 25, Bandarlampung

Dear Keenza Abriella, Ph.D,
With this letter we hereby want to inform you that the Englishia Institute of Management is organizing a seminar on “Customer care management” on October 14th, 2016. The seminar will gather many experts and scholars engaged in the management of customer care. We are pleased to use this opportunity to invite you to participate to this event.
It would be our great gaji if you can attend this seminar. In a case your kegiatan does not meet the schedule of this seminar we would appreciate if you can appoint one of your Institution representatives in the seminar.
Because the seminar is indented to provide a new concept of the best practices in the implementation of customer care systems, we believe that it will provide enriching experience for all of the participants.
In the enclosure you can find draft kegiatan of the seminar, map of the location, and registration form. Please complete full details on the attached RSVP and return by the October 10th, 2016. Unfortunately we are not going to accept replies received after this date.
We eagerly await your participation in the seminar
Thanks and regards

Namnam Surnamee
The Director
The Institute for Management
---
                                                                                                   Englishia Institute of Management
                                                                                                   Jl. Sumatera, No. 324, Jakarta
                                                                                                   7 Oktober 2016

Keenza Abriella, Ph.D
Universitas Soedirman
Sudirman 25, Bandarlampung
Salam hormat Keenza Abriella, Ph.D,
Dengan surat ini kami ingin memberitahu Anda bahwa Englishia Institute of Management menyelenggarakan seminar perihal "manajemen perawatan pelanggan" pada tanggal 14 Oktober 2016. Seminar ini akan mengumpulkan banyak hebat dan sarjana yang terlibat dalam pengelolaan layanan pelanggan. Kami sangat bahagia untuk memakai kesempatan ini untuk mengundang Anda untuk berpartisipasi untuk jadwal ini.
Ini akan menjadi kehormatan besar kami jikalau Anda sanggup mengikuti seminar ini. Jika kegiatan Anda tidak memenuhi jadwal seminar ini, kita akan memaklumi jikalau Anda menunjuk salah satu perwakilan Lembaga Anda di seminar ini.
Karena seminar ini ditujukan untuk menunjukkan konsep gres dari praktek-praktek terbaik dalam pelaksanaan sistem pelayanan pelanggan, kami percaya bahwa itu akan menunjukkan pengalaman bagi semua peserta.
Pada lampiran, Anda sanggup menemukan rancangan kegiatan seminar, peta lokasi, dan formulir pendaftaran. Lengkapi rincian lengkap pada RSVP terlampir dan kembali pada tanggal 10 Oktober, 2016. Sayangnya kami tidak akan mendapatkan tanggapan yang diterima sesudah tanggal ini.
Terima kasih dan salam hormat,

Namnam Surnamee
Direktur

CONTOH UNDANGAN RAPAT OSIS DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh 1
                                                                                                              Students’ Union
              Englishiana High School
                                                                                                              November 9th, 2016
Dear all students’ union members:
Our Regular Board meeting will be held on November 18th, 2016 and you are welcome to observe our discussions related to the items in the agenda. The Meeting will begin at 2:30 pm in the K building.
If you have items that you would like us to consider for inclusion on the Board Agenda, please send an email to SOIS@live.com and copy to our Students’ Union Advisor, Mr. Mujiono at mjono@cm.com no later than four days before the scheduled meeting. We will review the request with the advisor and we may include as part of the kegiatan or refer to the advisor for further analysis.
Best regards,

Gabriel Delgado
Student’s Union President
---
                                                                                                               OSIS
                                                                                                               SMA Englishiana
                                                                                                               9 November 2016
Yang terhormat untuk semua anggota OSIS:
Pertemuan anggota rutin kita akan diselenggarakan pada tanggal 18 November 2016 dan Anda dipersilakan berdiskusi terkait dengan item-item dalam kegiatan tersebut. Rapat akan dimulai pada 14:30 di gedung K.
Jika Anda mempunyai item-item yang Anda ingin kami pertimbangkan untuk dimasukkan pada Agenda rapat tersebut, silakan kirim email ke SOIS@live.com dan mengirim salinannya ke pembina OSIS kita, Mr. Mujiono di mjono@cm.com tidak lebih dari empat hari sebelum pertemuan dijadwalkan. Kami akan meninjau seruan Anda dengan pembina dan kita mungkin akan masukan sebagai bab dari kegiatan tersebut atau merujuk pada pembina untuk analisis lebih lanjut.
Salam Hormat,

Gabriel Delgado
Ketua Osis
Contoh 2
                Students’ Union
                Englishiana High School
                                                                                                                November 9th, 2016
Dear all students’ union members,
December 13th-17th, 2016, is Englishiana School Board Recognition Week. We are planning some activities to gaji the men and women who serve on our school board. On behalf of the Students’ Union, I would like to invite you to participate in this special week and help publicly thank our locally-elected school board members to all students. Over the course of the week, we are planning the following events:
1. School Board Program Socialization
2. Education Seminar
3. Books Fair
In order to support those events, I have some suggestions for things you might do to make the event exceptional for us. You should:
• Display an appreciation sign / banner in welcome gate;
• Sponsor a newspaper advertisement thanking the board for its dedication and service;
• Since the book fair is open for public, Sponsor an announcement at the local radio station;
• Host a fun events for board members and their families;
Please call me at 1234556678 or e-mail at englishianaschool@gmail.com. I would enjoy discussing this idea further.
Thank you for supporting the School Board.
 Sincerely,

Adi  Nugroho
Studen’s Union Advisor
---
                                                                                                                      OSIS
                                                                                                                      Sekolah Menengan Atas Englishiana
                                                                                                                      9 November 2016
Yang terhormat seluruh anggota OSIS,
Tanggal 13-17 Desember 2016 yaitu Minggu Perkenalan Dewan Sekolah Englishiana. Kami merencanakan beberapa kegiatan untuk menghormati laki-laki dan perempuan yang berperan di dewan sekolah kita. Atas nama OSIS, saya ingin mengajak Anda untuk berpartisipasi dalam ahad Istimewa ini dan membantu mengucapkan terima kasih secara luas ke pada anggota dewan sekolah kita yang secara lokal-terpilih untuk semua siswa. Selama seminggu, kami merencanakan acara-acara sebagai berikut:
1. Sosialisasi Program Dewan Sekolah
2. Seminar Pendidikan
3. Pameran Buku
Dalam rangka mendukung jadwal tersebut, saya mempunyai beberapa saran untuk hal-hal yang mungkin Anda harus lakukan untuk menciptakan jadwal ini menjadi luar biasa bagi kita. Anda sebaiknya:
• Memasang banner tanda apresiasi di pintu gerbang selamat datang;
• Memasng iklan di surat kabar berisi terima kasih kepada dewan sekolah untuk pengabdian dan pelayanannya;
• Karena ekspo buku ini terbuka untuk umum, Iklankan pengumuman di stasiun radio lokal;
• Menggelar acara-acara yang menyenangkan bagi anggota dewan sekolah dan keluarga mereka;
Hubungi saya di no 1234556678 atau e-mail di englishianaschool@gmail.com. Saya akan dengan bahagia hati membahas wangsit ini lebih lanjut.
Terima kasih untuk sumbangan terhadap Dewan Sekolah.
 Hormat kami,

Adi Nugroho
Pembina OSIS

CONTOH SURAT RESMI SEKOLAH DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh 1
     November 30th, 2010
Englishiana High School
11 West 66th Street
New York, New York 10036 USA
To whom it may concern:
I certify that I will be responsible for all expenses while my daughter Keenza Abriella Dorva is studying in the New York. I will cover all expenses including Keenza’s education, personal need, and tuition expenses. I will also be responsible for Keenza’s travel expenses when she returns home from the United States after she completes the English jadwal held by you.
Yours Sincerely,

Jacques Dorva
---
                                                                                                                30 November 2010
SMA Englishiana
Jalan 11 Barat No. 66
New York, New York 10036 USA
Untuk Pihak Terkait:
Saya menyatakan bahwa saya akan bertanggung jawab untuk semua biaya selama putri saya Keenza Abriella Dorva mencar ilmu di New York. Saya akan mebayar semua biaya termasuk pendidikan Keenza, kebutuhan pribadi, dan biaya kuliahnya. Saya juga akan bertanggung jawab untuk biaya perjalanan Keenza ketika ia kembali pulang dari Amerika Serikat sesudah ia menuntaskan jadwal bahasa Inggris yang Anda selenggarakan.
Dengan hormat,

Jacques Dorva
Contoh 2
SMP Englishiana Cerdas Bermartabat
Laks. Malahayati Street No.09 South Telukbetung
Phone number. (0721) 483637
                                                                                                     November 6th, 2016
No                  : 15 / Sekolah Menengah Pertama Englishiana Cerdas Bermartabat Bandar Lampung 6/11/2016
Attachment    : –
Subject          : Announcement
To                  : Parents of Class IX Sekolah Menengah Pertama Englishiana Cerdas Bermartabat
Dear Sir / Madam,
To increase the students’ awareness of our culture, we are planning to conduct a study tour for students outside of school. The event will be held on:
Day   : Saturday, November 12th, 2016
Time : 8 A.M – end
Place: Museum of Lampung, Bandar Lampung
Event: Observing the History of Lampung
We really hope that you could permit your child / children to join this event since this event is very essential for the students. Thanks for your attention.
Kindest Regard

Khalid Muhammad, S.Pd. M,M.Pd
NIP.19612345 198403 1 001
---
SMP Englishiana Cerdas Bermartabat
Laks. Malahayati Jalan No.09 Telukbetung Selatan
Nomor telepon. (0721) 483637
                                                                                                                      6 November 2016
No           : 15 / Sekolah Menengah Pertama Englishiana Cerdas Bermartabat Bandar Lampung 6/11/2016
Lampiran : -
Subject    : Pengumuman
Untuk       : Orang bau tanah dari Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Englishiana Cerdas Bermartabat
Yang terhormat Bapak / Ibu,
Untuk meningkatkan kesadaran siswa perihal budaya kita, kita berencana untuk melaksanakan study tour bagi siswa-siswi, di luar sekolah. Acara ini akan diselenggarakan pada:
Hari      : Sabtu, November 12, 2016
Waktu   : 8 A.M - end
Tempat : Museum Lampung, Bandar Lampung
Event    : Mengamati Sejarah Lampung
Kami benar-benar berharap bahwa Anda bisa mengizinkan anak Anda untuk mengikuti jadwal ini alasannya yaitu jadwal ini sangat penting bagi siswa. Terima kasih atas perhatian Anda.
Salam Hormat,

Khalid Muhammad, S.Pd. M, M.Pd
NIP.19612345 198403 1 001

CONTOH SURAT DINAS DALAM BAHASA INGGRIS (REQUEST LETTER)

SMP CERDAS BERSAMA
Jenderal Soedirman Street, No. 1 Bandarlampung, Lampung
                                                                                                           November 19th,2016
Number    : 28/N0.14/IND/PK/19.2016
Appendix : –
Subject     : Adding Library Book
Director of Gramedia Jakarta
Jend. Katamso Street No. 2,
Jakarta
Dear Sir or Madam,
I am writing to request an adding book to fulfill the needs of the readers of the library of Sekolah Menengah Pertama CERDAS BERSAMA in Bandarlampung; this request is due to your company expertise correlating with books procurement. I, as the responsible one of books supply in our school, request your company to attend a meeting in classifying the kinds of book which suit for anabawang high school students. Our school requires your representatives to attend the meeting that will be held in the following schedule.
Day   :Friday, November 25th, 2016
Time : 09.00 A.M
Place : Astoria Horison Hotel Bandarlampung
In this regard, we are looking forward to receiving your reply very soon. We will please to be a good partner in developing students by serving them high quality books. Thank you for your attention.
Sincerely Yours,
Muhammad Bachtiar
Head of The Library
---
SMP CERDAS BERSAMA
Jenderal Soedirman Street, No 1 Bandarlampung, Lampung
                                                                                                                  19 November 2016
Nomor     : 28 / N0.14 / IND / PK / 19,2016
Lampiran : -
Subjek     : Penambahan Buku Perpustakaan
Direktur Gramedia Jakarta
Jend. Katamso No 2,
Jakarta
Yang terhormat Bapak / Ibu,
Saya menulis surat ini untuk meminta penambahan buku untuk memenuhi kebutuhan pembaca perpustakaan Sekolah Menengah Pertama CERDAS BERSAMA di Bandarlampung; seruan ini dikarenakan kemampuan perusahaan Anda bekerjasama dengan pengadaan buku. Saya, sebagai orang yang bertanggung jawab atas ketersediaan buku di sekolah kami, meminta perusahaan Anda untuk menghadiri pertemuan pengklasifikasikan jenis buku yang sesuai untuk siswa SMP. Sekolah kami membutuhkan perwakilan anda untuk menghadiri pertemuan yang akan diadakan di jadwal berikut.
Hari       : Jumat, November 25, 2016
Waktu   : 09.00 A.M
Tempat : Astoria Horison Hotel Bandarlampung
Dalam hal ini, kami berharap mendapatkan tanggapan Anda dengan segera. Kami akan dengan bahagia hati menjadi kawan yang baik dalam mengembangkan kemampuan siswa dengan menyediakan mereka buku-buku berkualitas tinggi. Terima kasih atas perhatian Anda.
Hormat kami,

Muhammad Bachtiar
Kepala Perpustakaan

LETTER OF RECOMMENDATION

   November  15th, 2016

DISCO University
15 West 44th Street
New York, New York 10036 USA

Dear Sir or Madam,
It is with great pleasure that I recommend Ms. Keenza Abriella to attend your English program. For three years, Ms. Keenza Abriella was a student in my English grammar and conversation class.
Ms. Keenza Abriella was an outstanding talented student. Her interest to learn the English language encouraged her to develop her English skills and earn high scores on almost every exam. She was always enthusiastic about discussing various subjects and voicing her opinions about current events.
Ms. Keenza Abriella was a leader of the International Exchange & Culture Club. She took on leadership roles by organizing events and challenged the members by raising some interesting questions and making intelligent comments given by them. Ms. Keenza Abriella was an impressive student who was always active in events and curious about her projects.
She hopes that she can develop and improve her English skills at your school in order that she can prepare herself to attend a college in the United States. I am confident to say that she is qualified to attend your jadwal and will succeed in her studies. It is without reservation that I wholeheartedly recommend Ms. Keenza Abriella to attend your reputable program.
Yours Sincerely,

George Stander
Chief Instructor
English Department Englishiana School 

SURAT REKOMENDASI

November  15th, 2016

Universitas DISCO
Jalan 15 Barat 44th
New York, New York 10036 USA

Yang terhormat Bapak / Ibu,
Dengan bahagia hati hal ini saya sarankan kepada anda Ms. Keenza Abriella untuk mengikuti jadwal bahasa Inggris. Selama tiga tahun, Ms. Keenza Abriella yaitu seorang mahasiswa tata bahasa Inggris dan percakapan kelas di kampus saya.
Ms. Keenza Abriella yaitu seorang mahasiswa yang luar biasa berbakat. minatnya untuk mencar ilmu bahasa Inggris mendorongnya untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris-nya dan mendapatkan skor tinggi hampir dalam setiap ujian. Dia selalu antusias membahas aneka macam mata pelajaran dan menyuarakan pendapatnya perihal insiden terkini.
Ms. Keenza Abriella yaitu seorang pemimpin dari klub pertukaran internasional dan budaya. Dia mengambil kiprah kepemimpinan dengan mengorganisir jadwal dan menantang anggota dengan menunjukkan beberapa pertanyaan yang menarik dan menciptakan komentar cerdas yang diberikan oleh mereka. Ms. Keenza Abriella yaitu seorang mahasiswa mengesankan yang selalu aktif dalam jadwal dan ingin tahu perihal proyek tersebut.
Dia berharap bahwa ia bisa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di sekolah Anda biar ia bisa mempersiapkan diri untuk menghadiri sebuah akademi tinggi di Amerika Serikat. Saya yakin untuk berkata bahwa ia memenuhi syarat untuk mengikuti jadwal Anda dan akan berhasil dalam studinya. Hal ini saya rekomendasikan dengan sepenuh hati kepada Ms. Keenza Abriella untuk mengikuti jadwal Anda yang bereputasi baik.

Hormat kami,

George Stander
Kepala Instruktur
Jurusan bahasa Inggris Kampus Englishiana

RESIGNATION LETTER (SURAT PENGUNDURAN DIRI)

Contoh 1
                                                                                             Binar Cahaya Chandra Gita
                                                                                             Pahoman Street, No. 23
                                                                                             Bandarlampung, Lampung, 35213
                                                                                             082345678
                                                                                             Binar@gmail.com
                                                                                             November 11th, 2016
Ms. Joyce Maria
CEO
ABCD Company
150 Main St.
Sometown, MA 5567
Dear Joyce,
I would like to inform you that I am going to resigning from my position as Account Officer for the ABCD company, effective December 1st, 2016.
Thank you very much for the opportunities for professional and personal development that you have provided me during the last three years. I have enjoyed working for the company and appreciate the support provided me during my tenure with the company.
If I can be of any help during this transition, please let me know.
Sincerely,

Binar Cahaya Chandra Gita
--- 
                                                                                             Binar Cahaya Chandra Gita
                                                                                             Pahoman Street, No. 23
                                                                                             Bandarlampung, Lampung, 35213
                                                                                             082345678
                                                                                             Binar@gmail.com
                                                                                             November 11th, 2016
Ms. Joyce Maria
CEO
Perusahaan ABCD
Jalan utama 150
Sometown, MA 5567

Yang terhormat Joice,
Saya ingin memberitahu Anda bahwa saya akan mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Account Officer untuk perusahaan ABCD, efektif mulai 1 Desember 2016.
Terima kasih banyak untuk kesempatan dalam pengembangan profesionalisme dan pribadi yang telah Anda berikan kepada saya selama tiga tahun terakhir. Saya telah menikmati bekerja untuk perusahaan dan mengapresiasi sumbangan yang diberikan kepada saya selama masa jabatan saya dengan perusahaan.
Jika saya bisa membantu apapun selama masa transisi ini, tolong beritahu saya.
Hormat saya,

Binar Cahaya Chandra Gita
Contoh 2
                                                                                                            Jane Brown
                                                                                                            123 Street
                                                                                                             jane@brown.com.au
                                                                                                             December 16th, 2016
Dear Manager
RE: COMPLAINT ABOUT FAULTY TELEVISION CABINET PURCHASED AT CABINET WORLD ON 15 DECEMBER 2012
I am unhappy with the quality of a television cabinet I bought at 5 Street on 15 December and I am writing to seek a replacement.
The cabinet doors do not open and shut properly and the stain on the cabinet is uneven, with one half darker than the other. The cabinet was delivered on 30 December and I noticed this problem as soon as I unpacked it from the box.
The cabinet is not of acceptable quality and does not match the sample cabinet I was shown in store. I would like you to replace it with one of the same quality and finish as the sample and arrange for return of the faulty cabinet at no cost.
I have attached a photocopy of my receipt as proof of purchase.
I would like to have this problem fixed quickly please. If I do not hear from you within 10 days, I will lodge a formal complaint with Consumer Affairs in my state.
You can contact me on 1234 5678 during working hours or after hours on 123 456 789 to discuss this matter further.
Yours sincerely,

Jane Brown
Enclosed: Copy of the receipt for television cabinet
 --- 
  Jane Brown
                                                                                                              123 Street
                                                                                                               jane@brown.com.au
                                                                                                              16 Desember 2016

Yang terhormat Bapak Manager
RE: KELUHAN TENTANG RUSAKNYA LEMARI KACA TV YANG DIBELI DI CABINET WORLD PADA 15 Desember 2016
Saya kurang puas dengan kualitas lemari beling televisi yang saya beli di Jl. 5 pada tanggal 15 Desember dan saya menulis surat ini untuk mencari penggantinya.
Pintu lemari tidak sanggup dibuka dan ditutup dengan benar dan warna lemari beling tidak merata, dengan satu setengah kali lebih gelap dari yang lain. lemari beling dikirimkan pada tanggal 15 Desember dan saya melihat problem ini sesudah saya membongkarnya segera dari kotaknya.
Lemari beling ini bukan dari kualitas yang sanggup diterima dan tidak sesuai dengan pola lemari beling yang ditunjukkan kepada saya di toko. Saya ingin Anda untuk menggantinya dengan kualitas yang sama dengan yang ada di sampel dan menarik kembali lemari beling yang rusak tanpa biaya.
Saya telah melampirkan fotokopi tanda terima saya sebagai bukti pembelian.
Saya harap problem ini sanggup cepat diselesaikan. Jika saya tidak mendapatkan tanggapan dari Anda dalam waktu 10 hari, saya akan mengajukan keluhan resmi ke Consumer Affairs di negara saya.
Anda sanggup menghubungi saya di 1234 5678 selama jam kerja atau sesudah jam di 123 456 789 untuk membicarakan problem ini lebih lanjut.

Dengan hormat,

Jane Brown
Demikianlah 15 pola surat resmi / formal dalam bahasa Inggris dan artinya yang berhasil kami rangkum untuk teman Soalterbaru.com di manapun berada. Semoga sesudah mencar ilmu materi ini Anda semua kini telah sanggup mengetahui cara menulis surat bahasa Inggris yang benar dan bisa menciptakan pola letter baik pola surat formal bahasa Inggris maupun pola surat informal bahasa Inggris alasannya yaitu keduanya mempunyai peranan yang sama pentingnya dalam kehidupan bisnis ataupun pribadi kita semua. Untuk melihat pembahasan perihal surat yang lain, menyerupai MEMO, EMAIL, dll dalam bahasa Inggris silahkan klik di sini.

0 Response to "15 Rujukan Surat Resmi / Formal Dan Langsung / Informal Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png