Buku Paket Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Mulai dari SD, Sekolah Menengah Pertama hingga dengan Sekolah Menengan Atas sederajat.
Selain berupa praktik, pada mapel ini juga harus ada teorinya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Buku Paket Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ialah suatu proses pembelajaran melalui kegiatan gerak yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, membuatkan keterampilan gerak, pengetahuan dan sikap hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Aspek contoh hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis melalui kegiatan jasmani, olahraga dan kesehatan yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Adapun Materi Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013 yang terdapat dalam buku tersebut ialah sebagai berikut:
BAB I PERMAINAN BOLA BESAR............................................................... 21
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 21
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 22
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 23
D. Permainan bola besar memakai sepak bola, bola voli, dan bola basket.................................................................................................. 25
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 25
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 26
G. Media pembelajaran ................................................................................. 26
H. Materi pembelajaran ................................................................................ 27
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan mengumpan/menendang bola memakai kaki bab dalam ........................................................... 27
J. Aktivitas pembelajaran permainan sepak bola...................................... 28
K. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran variasi keterampilan permainan bola besar melalui permainan bola voli ...................................................................................................... 34
L. Aktivitas pembelajaran permainan bola besar variasi dan kombinasi memakai bola voli ......................................................... 35
M. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menganalisis variasi keterampilan permainan bola besar melalui permainan bola basket ............................................................................ 40
N. Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan passing dengan menangkap (passing) ............................................................................... 40
O. Rangkuman ............................................................................................... 48
P. Penilaian pembelajaran permainan bola besar ..................................... 48
Q. Remedial dan pengayaan ..............................................................................
R. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)......... 55
BAB II PERMAINAN BOLA KECIL................................................................ 56
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 56
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 57
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 58
D. Permainan bola kecil memakai softball, bulu tangkis, dan tenis meja.................................................................................................... 59
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 61
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 61
G. Media pembelajaran ................................................................................. 62
H. Materi pembelajaran
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan permainan bola kecil melalui permainan softball .................................................................................... 63
J. Aktivitas pembelajaran permainan bola kecil melalui permainan softball .................................................................................... 64
K. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bulu tangkis................................................................................................ 69
L. Aktivitas pembelajaran permainan pembelajaran badminton ......... 70
M. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran permainan bola kecil melalui permainan tenis meja ........................... 76
N. Penilaian pembelajaran permainan bola kecil ...................................... 80
O. Remedial dan pengayaan ......................................................................... 84
P. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)......... 86
BAB III ATLETIK .............................................................................................. 87
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 87
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 88
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 89
D. Atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar)........................................ 91
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 91
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 92
G. Media pembelajaran ................................................................................. 92
H. Materi pembelajaran ................................................................................ 92
I. Contoh pembelajaran jalan cepat memakai pendekatan saintifik ................................................................................. 93
J. Aktivitas pembelajaran jalan cepat.......................................................... 94
K. Contoh pembelajaran lari jarak pendek memakai pendekatan saintifik ....................................................................................................... 98
L. Aktivitas pembelajaran lari jarak pendek .............................................. 99
M. Contoh pembelajaran tolak peluru memakai pendekatan saintifik ..................................................................................................... 105
N. Aktivitas pembelajaran tolak peluru .................................................... 106
O. Contoh pembelajaran lompat jauh memakai pendekatan saintifik...................................................................................................... 111
P. Aktivitas pembelajaran lompat jauh .................................................... 112
Q. Aktivitas pembelajaran dan lompat tinggi gaya straddle................... 115
R. Rangkuman ............................................................................................. 119
S. Penilaian pembelajaran atletik .............................................................. 120
T. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 122
U. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 124
BAB IV BELADIRI........................................................................................... 125
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 125
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 126
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 127
D. Pembelajaran pencak silat...................................................................... 129
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 130
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 130
G. Media pembelajaran ............................................................................... 130
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 131
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran pencak silat .............................................................................................. 131
J. Aktivitas pembelajaran pencak silat ..................................................... 132
K. Rangkuman ............................................................................................. 136
L. Penilaian pembelajaran pencak silat .................................................... 136
M. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 140
N. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 142
BAB V KEBUGARAN JASMANI................................................................... 143
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 143
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 144
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 145
D. Pengembangan kebugaran jasmani ...................................................... 147
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 147
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 147
G. Media pembelajaran ............................................................................... 148
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 148
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan latihan pengembangan kebugaran jasmani .................................................................................. 148
J. Aktivitas pembelajaran pengembangan kebugaran jasmani ............. 149
K. Rangkuman ............................................................................................. 159
L. Penilaian pembelajaran kebugaran jasmani ........................................ 159
M. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 162
N. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 164
BAB VI SENAM LANTAI ................................................................................ 165
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 165
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 166
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 167
D. Senam lantai ............................................................................................ 168
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 169
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 169
G. Media pembelajaran ............................................................................... 170
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 170
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan senam lantai ..................................... 170
J. Aktivitas pembelajaran senam lantai ................................................... 171
K. Penilaian pembelajaran senam lantai ................................................... 174
L. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 177
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 179
BAB VII GERAK RITMIK ................................................................................ 180
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 180
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 181
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 182
D. Gerak ritmik berirama ........................................................................... 183
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 184
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 184
G. Media pembelajaran ............................................................................... 185
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 185
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kombinasi gerak melangkah dengan mengayunkan lengan ............. 186
J. Aktivitas pembelajaran gerak ritmik .................................................... 186
K. Penilaian pembelajaran gerak ritmik ................................................... 190
L. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 193
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 195
BAB VIII RENANG ............................................................................................ 196
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 196
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 197
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 198
D. Pembelajaran renang .............................................................................. 201
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 202
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 203
G. Media pembelajaran ............................................................................... 203
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 203
I. Aktivitas pembelajaran gaya bebas ....................................................... 204
J. Aktivitas pembelajaran renang gaya punggung .................................. 210
K. Pembelajaran renang gaya dada ............................................................ 213
L. Penilaian pembelajaran renang ............................................................. 214
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 217
BAB IX PERGAULAN SEHAT ........................................................................ 218
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 218
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 219
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 220
D. Pembelajaran pergaulan sehat ............................................................... 222
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 223
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 223
G. Media pembelajaran ............................................................................... 223
H. Strategi umum pembelajaran ................................................................ 224
I. Strategi pembelajaran pergaulan sehat ................................................ 224
J. Penilaian pembelajaran pergaulan sehat ............................................. 231
K. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 237
L. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 239
BAB X NARKOBA .......................................................................................... 240
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 240
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 241
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 242
D. Tujuan pembelajaran .............................................................................. 243
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 244
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 244
G. Media pembelajaran ............................................................................... 244
H. Strategi pembelajaran narkoba.............................................................. 245
I. Penilaian ................................................................................................... 254
J. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 255
K. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 256
Selain berupa praktik, pada mapel ini juga harus ada teorinya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Buku Paket Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ialah suatu proses pembelajaran melalui kegiatan gerak yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, membuatkan keterampilan gerak, pengetahuan dan sikap hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Aspek contoh hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis melalui kegiatan jasmani, olahraga dan kesehatan yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Adapun Materi Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013 yang terdapat dalam buku tersebut ialah sebagai berikut:
BAB I PERMAINAN BOLA BESAR............................................................... 21
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 21
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 22
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 23
D. Permainan bola besar memakai sepak bola, bola voli, dan bola basket.................................................................................................. 25
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 25
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 26
G. Media pembelajaran ................................................................................. 26
H. Materi pembelajaran ................................................................................ 27
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan mengumpan/menendang bola memakai kaki bab dalam ........................................................... 27
J. Aktivitas pembelajaran permainan sepak bola...................................... 28
K. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran variasi keterampilan permainan bola besar melalui permainan bola voli ...................................................................................................... 34
L. Aktivitas pembelajaran permainan bola besar variasi dan kombinasi memakai bola voli ......................................................... 35
M. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menganalisis variasi keterampilan permainan bola besar melalui permainan bola basket ............................................................................ 40
N. Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan passing dengan menangkap (passing) ............................................................................... 40
O. Rangkuman ............................................................................................... 48
P. Penilaian pembelajaran permainan bola besar ..................................... 48
Q. Remedial dan pengayaan ..............................................................................
R. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)......... 55
BAB II PERMAINAN BOLA KECIL................................................................ 56
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 56
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 57
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 58
D. Permainan bola kecil memakai softball, bulu tangkis, dan tenis meja.................................................................................................... 59
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 61
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 61
G. Media pembelajaran ................................................................................. 62
H. Materi pembelajaran
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan permainan bola kecil melalui permainan softball .................................................................................... 63
J. Aktivitas pembelajaran permainan bola kecil melalui permainan softball .................................................................................... 64
K. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bulu tangkis................................................................................................ 69
L. Aktivitas pembelajaran permainan pembelajaran badminton ......... 70
M. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran permainan bola kecil melalui permainan tenis meja ........................... 76
N. Penilaian pembelajaran permainan bola kecil ...................................... 80
O. Remedial dan pengayaan ......................................................................... 84
P. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)......... 86
BAB III ATLETIK .............................................................................................. 87
A. Standar kompetensi lulusan..................................................................... 87
B. Kompetensi inti (KI)................................................................................. 88
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................... 89
D. Atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar)........................................ 91
E. Kegiatan pembelajaran............................................................................. 91
F. Metode pembelajaran ............................................................................... 92
G. Media pembelajaran ................................................................................. 92
H. Materi pembelajaran ................................................................................ 92
I. Contoh pembelajaran jalan cepat memakai pendekatan saintifik ................................................................................. 93
J. Aktivitas pembelajaran jalan cepat.......................................................... 94
K. Contoh pembelajaran lari jarak pendek memakai pendekatan saintifik ....................................................................................................... 98
L. Aktivitas pembelajaran lari jarak pendek .............................................. 99
M. Contoh pembelajaran tolak peluru memakai pendekatan saintifik ..................................................................................................... 105
N. Aktivitas pembelajaran tolak peluru .................................................... 106
O. Contoh pembelajaran lompat jauh memakai pendekatan saintifik...................................................................................................... 111
P. Aktivitas pembelajaran lompat jauh .................................................... 112
Q. Aktivitas pembelajaran dan lompat tinggi gaya straddle................... 115
R. Rangkuman ............................................................................................. 119
S. Penilaian pembelajaran atletik .............................................................. 120
T. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 122
U. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 124
BAB IV BELADIRI........................................................................................... 125
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 125
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 126
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 127
D. Pembelajaran pencak silat...................................................................... 129
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 130
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 130
G. Media pembelajaran ............................................................................... 130
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 131
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran pencak silat .............................................................................................. 131
J. Aktivitas pembelajaran pencak silat ..................................................... 132
K. Rangkuman ............................................................................................. 136
L. Penilaian pembelajaran pencak silat .................................................... 136
M. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 140
N. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 142
BAB V KEBUGARAN JASMANI................................................................... 143
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 143
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 144
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 145
D. Pengembangan kebugaran jasmani ...................................................... 147
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 147
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 147
G. Media pembelajaran ............................................................................... 148
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 148
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan latihan pengembangan kebugaran jasmani .................................................................................. 148
J. Aktivitas pembelajaran pengembangan kebugaran jasmani ............. 149
K. Rangkuman ............................................................................................. 159
L. Penilaian pembelajaran kebugaran jasmani ........................................ 159
M. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 162
N. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 164
BAB VI SENAM LANTAI ................................................................................ 165
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 165
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 166
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 167
D. Senam lantai ............................................................................................ 168
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 169
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 169
G. Media pembelajaran ............................................................................... 170
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 170
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan senam lantai ..................................... 170
J. Aktivitas pembelajaran senam lantai ................................................... 171
K. Penilaian pembelajaran senam lantai ................................................... 174
L. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 177
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 179
BAB VII GERAK RITMIK ................................................................................ 180
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 180
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 181
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 182
D. Gerak ritmik berirama ........................................................................... 183
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 184
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 184
G. Media pembelajaran ............................................................................... 185
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 185
I. Contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kombinasi gerak melangkah dengan mengayunkan lengan ............. 186
J. Aktivitas pembelajaran gerak ritmik .................................................... 186
K. Penilaian pembelajaran gerak ritmik ................................................... 190
L. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 193
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 195
BAB VIII RENANG ............................................................................................ 196
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 196
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 197
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 198
D. Pembelajaran renang .............................................................................. 201
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 202
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 203
G. Media pembelajaran ............................................................................... 203
H. Materi pembelajaran .............................................................................. 203
I. Aktivitas pembelajaran gaya bebas ....................................................... 204
J. Aktivitas pembelajaran renang gaya punggung .................................. 210
K. Pembelajaran renang gaya dada ............................................................ 213
L. Penilaian pembelajaran renang ............................................................. 214
M. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 217
BAB IX PERGAULAN SEHAT ........................................................................ 218
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 218
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 219
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 220
D. Pembelajaran pergaulan sehat ............................................................... 222
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 223
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 223
G. Media pembelajaran ............................................................................... 223
H. Strategi umum pembelajaran ................................................................ 224
I. Strategi pembelajaran pergaulan sehat ................................................ 224
J. Penilaian pembelajaran pergaulan sehat ............................................. 231
K. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 237
L. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 239
BAB X NARKOBA .......................................................................................... 240
A. Standar kompetensi lulusan................................................................... 240
B. Kompetensi inti (KI)............................................................................... 241
C. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi................. 242
D. Tujuan pembelajaran .............................................................................. 243
E. Kegiatan pembelajaran........................................................................... 244
F. Metode pembelajaran ............................................................................. 244
G. Media pembelajaran ............................................................................... 244
H. Strategi pembelajaran narkoba.............................................................. 245
I. Penilaian ................................................................................................... 254
J. Remedial dan pengayaan ....................................................................... 255
K. Contoh format evaluasi kemajuan berguru siswa (nilai harian)....... 256
0 Response to "Buku Paket Penjaskes Kelas 10 Kurikulum 2013"
Post a Comment