-->

Jangan Pernah Remehkan Data Emis !!!


Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!! - Setiap madrasah mempunyai kewajiban untuk mengupdate data madrasah atau data PTK setiap semester. Madrasah mempunyai dua agenda aplikasi dalam mengupdate data madrasah atau PTK, yaitu melalui EMIS dan SIMPATIKA. Kedua agenda aplikasi tersebut yaitu aplikasi penting dalam hal pengupdate-tan database madrasah dan PTK. Sudah kita ketahui sekrang, bahwa dalam pemograman EMIS itu dilakukan setiap semester dalam setiap satu tahun pelajaran. Bahkan SIMPATIKA sendiri, baik madrasah maupun PTK harus mengaktifkan database masing-masing, jikalau tidak maka database mereka akan ditangguhkan bahkan dihapus permanen.

Kebanyakan madrasah atau PTK selalu menganggap Remeh data, baik data EMIS maupun SIMPATIKA. Banyak sekali madrasah dan PTK yang menyerahkan pengupdate-tan database mereka kepada Operator Madrasah, Khususnya dalam agenda SIMPATIKA. Seharusnya para PTK melaksanakan pengaktifan atau pengupdate-tan database mereka secara individu, alasannya itu data masing-masing. Jikalau tidak bisa, maka berikan pengupdate-tan data kepada operator tetapi dalam bimbingan, biar data yang diupdate tidak keliru. Bukan kah kita sudah tau, bahwa pertolongan untuk guru kini menurut database yang ada pada SIMPATIKA. Oleh alasannya itu, jangan Pernah Meremehkan data.

Sebagai ulasan, kami telah mengutip dari website resmi DIRJEN PENDIS (22/04/2016), Kutipan tersebut berisi seperti  ini :

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam mengungkapkan beberapa syarat data yang bermutu guna mendukung perencanaan agenda pendidikan Islam yang transparan dan akuntabel, diantaranya : 1) obyektif; 2) representatif; 3) akurat; 4) update; dan 5) relevan. Himbauan tersebut disampaikan untuk membuat proses pendidikan Islam yang bisa menopang bonus demografi penduduk Indonesia dasawarsa ini.

Data EMIS (Education Management Information System) dikelola unit khusus pengelola pendidikan Islam di lingkungan Kementerian Agama ketika ini telah dipakai sebagai data acuan yang akurat dan valid diakui oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dibutuhkan sanggup menyediakan data dan sistem warta yang bermutu bagi seluruh stakeholder Ditjen Pendidikan Islam. Setiap Direktorat di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam bekerja menurut data, mustahil ada perencanaan dan pelaksanaan tanpa adanya data yang menjadi dasar pertimbangan (baseline).

"Secara teoritik kita tahu bagaimana data yang baik, namun seringkali kita masih menganggap remeh data tersebut. Jangan pernah sekali-kali remehkan data, kita dihentikan bermain-main dengan data alasannya data sangat penting. Sekali salah bisa dipidana, apalagi jikalau terbukti melaksanakan kebohongan publik," ujar Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Moh. Ishom Yusqi, MA dalam arahannya di aktivitas Koordinasi dan Evaluasi Data Pendidikan Islam TP 2015/2016 di Bogor (18/04/16).

Menurutnya data harus : 1) obyektif (sesuai keadaan yang sebenarnya); 2) representatif (mewakili obyek persoalan yang diteliti; 3) akurat (tingkat kesalahan yang kecil); 4) update (diperbaharui secara berkala); 5) relevan (ada kekerabatan yang besar lengan berkuasa untuk dipakai lebih lanjut).

Dalam agenda yang bertemakan "Koordinasi dan Evaluasi Data Pendidikan Islam Kita Wujudkan Pendataan EMIS yang berkualitas untuk mendukung perencanaan agenda Pendidikan Islam yang Transparan dan Akuntabel," seluruh Kepala Seksi Sistem Informasi Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia akan mendapatkan materi-materi yang disampaikan yakni: a) Kebijakan Integrasi Data dan Informasi Kementerian Agama; b) Paparan Capaian Updating Data EMISMadrasah TP 2015/2016; c) Sistem Informasi Perencanaan (e-Planning) Program Pendidikan Islam; d) Pengenalan Aplikasi Desktop EMIS PAKIS; e) Pengelolaan Data Referensi Pendidik dan Peserta Didik.

Data sebagai materi baku sistem warta pendidikan Islam khususnya harus menjamin minimal lima kualitas data yang baik menyerupai disebutkan diatas dengan demikian seluruh entitas unsur pendukung agenda pendidikan Islam bisa melaksanakan koordinasi dan penilaian data pendidikan Islam sehingga bisa mewujudkan pendataan EMIS yang berkualitas untuk mendukung perencanaan agenda pendidikan Islam yang transparan dan akuntabel.

Sumber : http://pendis.kemenag.go.id/
 
Semoga artikel kami ini wacana Jangan Pernah REMEHKAN Data EMIS !!! sanggup memperlihatkan warta yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jikalau ini membantu dan Share jikalau warta ini penting dan mempunyai kegunaan bagi orang banyak. Terimakasih.
Baca juga :

0 Response to "Jangan Pernah Remehkan Data Emis !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png