-->

Daftar Dilema Dan Solusi Dalam Verval Pd

Daftar persoalan yang kerap dihadapi sewaktu melaksanakan Verval PD (Peserta Didik) dan solusi atas permasalahan tersebut. Tidak bisa dipungkiri ketika melaksanakan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik atau Verval NISN, operator madrasah menghadapi beberapa hambatan dan masalah. Termasuk dalam Verval PD tahap kedua tahun 2016 ini.

Berbagai persoalan tersebut, setidaknya ada beberapa yang telah identifikasikan. Termasuk memperlihatkan solusi dan pemecahan yang harus dilakukan dalam menyikapi hambatan tersebut. Tentunya dengan impian semoga Verval PD periode ini sanggup menghasilkan NISN yang benar-benar valid yang akan bisa dipergunakan oleh anak didik (siswa) di madarasah kita maupun di jenjang pendidikan selanjutnya.

Sebelum aneka macam persoalan tersebut diuraikan, untuk memudahkan dalam memahami artikel daftar persoalan dan solusi verval PD ini, mohon dipahami bahwa data siswa yang ditampilkan dalam residu Verval PD terdiri atas dua macam, yaitu:

  1. Data Siswa Berdasarkan EMIS Tahun Pelajaran 2015/2016. Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bab atas pada sajian residu.
  2. Data Siswa Berdasarkan Database NISN PDSP (Hasil Pencarian). Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bab bawah pada sajian residu (hasil pencarian data yang terindikasi sama). Data akan muncul ketika salah satu nama pada data di bab atas di klik.
Dan untuk memahami istilah-istilah dan langkah-langkah dalamVerval PD selengkapnya, silakan baca dahulu tutorialnya di artikel: Cara Verval PD Kemenag (NISN) Tahun 2016

Daftar persoalan yang kerap dihadapi sewaktu melaksanakan Verval PD  Daftar Masalah dan Solusi dalam Verval PD

Daftar Permasalahan dalam Verval PD dan Solusinya


Berikut ini yaitu daftar hambatan dan persoalan yang kerap dijumpai ketika melaksanakan Verval PD. Setiap permasalahan akan diberikan solusi (terkadang lebih dari satu solusi).

1. Tidak Bisa Login


Gagal login ke layanan Verval PD bisa mencakup situs (laman) tidak bisa dibuka ataupun muncul peringatan kalau "Username atau Password Tidak Terdaftar". 

Solusi untuk hambatan ini antara lain:
  1. Pastikan alamat laman yang dimasukkan sudah benar, yaitu: http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/. Karena banyak kejadian, rekan-rekan operator madrasah yang masih salah menuliskan alamat laman Verval PD Kemenag dengan Verval PD Kemdikbud.
  2. Pastikan akun yang dipakai untuk login yaitu akun admin Kab./Kota. Bukan akun operator madrasah. Untuk mengetahui email dan password akun Kab/Kota, silakan hubungi Penma Kab/Kota masing-masing.
  3. Koneksi internet yang tidak stabil. Koneksi internet yang bermasalah sanggup mengakibatkan gagallogin ke laman Verval PD. Karena pastikan memakai layanan internet yang stabil dan mempunyai signal berpengaruh di tempat tersebut.
Selengkapnya baca artikel: Mengatasi Tidak Bisa Login ke Verval PD

2. Laman VervalPD Terbuka tetapi Tidak Sempurna


Laman yang tidak terbuka tepat bisa saja berakibat pada nama kecamatan dan nama madrasah tidak bisa dipilih (diklik) atau daftar siswa yang akan diverval di sajian residu tidak muncul sebagian atau seluruhnya.

Solusi untuk situs VervalPD yang tidak sanggup terbuka dengan tepat antara lain:
  1. Gunakan koneksi internet yang berpengaruh dan stabil
  2. Ganti browser internet. Jika bermasalah ketika membuka dengan memakai Google Chrome, cobalah gunakan browser lainnya semisal Mozila Firefox, Safari, atau lainnya.
  3. Lakukan Verval di waktu yang sekiranya sepi dari pengguna lain.

3. Data Siswa Tidak Muncul Seluruhnya atau Sebagian


Bisa jadi data siswa yang ditampilkan di sajian residu tidak muncul seluruhnya alias kosong atau muncul tapi hanya sebagaian saja. Atau ada salah satu siswa saja yang tidak muncul di sajian residu. Jika data siswa tidak muncul di sajian residu, tentu Verval PD tidak bisa dilakukan.

Untuk mengatasi hambatan data siswa yang tidak muncul, baik sebagian atau seluruhnya, solusinya adalah:
  1. Pastikan telah mengklik tanda segitiga di depan nama kecamatan kemudian nama madrasah. Jika tidak, maka data siswa memang tampak kosong.
  2. Pastikan telah mengupload data emis online pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Karena data siswa didasarkan pada hasil upload Emis 2015/2016, maka bagi madrasah yang tidak mengupload data emis, tentu data siswanya akan kosong. Pun demikian kalau nama seorang siswa tidak terdaftar pada data emis, maka nama siswa tersebut pun tidak akan muncul.
  3. Jika terdapat data siswa yang tidak muncul sebagain atau seluruhnya, silakan tunggu Verval PD periode selanjutnya, dengan memastikan mengisi dan mengupload data emis pada periode ketika ini.
  4. Hubungi Admin Emis Kab/Kota untuk dilaporkan ke Admin Emis Kanwil yang akan meneruskannya ke Admin Emis Pusat.

4. Kolom Pencarian NISN Tidak Memunculkan Hasil


Kolom pencarian (kolom data siswa dan NISN) di bab kanan bawah akan memunculkan hasil pencarian sewaktu kolom di bab atas (data siswa berdasar Emis) diklik, kalau siswa tersebut telah mempunyai NISN.

Jika kolom pencarian tidak menampilkan hasil (kosong), berarti siswa tersebut belum mempunyai NISN.

Solusinya berarti tinggal mengklik tombol 'Not Match' sehingga siswa tersebut akan diberikan NISN baru.

Dalam beberapa kasus, ada siswa yang merasa telah mempunyai NISN tetapi ketika diklik, kolom pencariannya tetap kosong. Pada masalah ibarat ini, baca persoalan dan solusi nomor 8.

5. Data Berbeda; Data di Kolom Atas Sudah Benar


Daftar persoalan yang kerap dihadapi sewaktu melaksanakan Verval PD  Daftar Masalah dan Solusi dalam Verval PD

Terdapat perbedaan antara data siswa di kolom atas (Data Emis) dengan kolom bawah (Hasil Pencarian / Database NISN PDSP) namun data yang di kolom bab atas sudah benar. Perbedaab itu bisa jadi:
  1. Nama di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
  2. Tempat dan tanggal lahir di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
  3. Nama ibu kandung di kolom bawah kosong
Solusi untuk perbedaan data ini adalah, pribadi klik nama siswa di bab bawah (kolom pencarian) kemudian klik tombol 'Match'.

Dengan begitu nantinya data NISN siswa di database NISN akan diperbarui (diupdate) dan diadaptasi dengan data Emis (data di kolom bab atas).

6. Data Beda; Data di Kolom Atas Salah


Hampir sama dengan masalah nomor 5 namun kali ini data yang tertulis pada kolom di bab atas ternyata tidak benar. Kekeliruan ini diakibatkan oleh kesalahan input data ketika pengisian dan upload Emis Online (data di kolom bab atas diambilkan dari data emis).

Solusi untuk masalah salah data siswa ibarat ini adalah:
  1. Klik 'Match' kemudian sehabis proses verval final lakukan Ajuan Perubahan Data. Ajuan Perubahan Data dilakukan melalui sajian 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'Nama & tanggal Lahir' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > muncul daftar nama siswa, klik nama siswa yang akan diedit > klik 'OK' > muncul isian, isikan 'Nama Baru' dan 'Tanggal Lahir Baru' kemudian upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran atau Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan akan di verval oleh Admin Kanwil Kemenag.
  2. Tunggu Verval PD periode berikutnya (bisa diklik 'Match' atau dibiarkan) dengan catatan dalam pengisian emis berikutnya, data siswa tersebut harus benar.

7. NISN Tidak Sesuai dengan Tahun Kelahiran


Angka kedua dan ketiga dalam NISN memperlihatkan tahun kelahiran. Sehingga kalau antara NISN dengan tahun kelahirannya berbeda (semisal NISN tertulis 0048534093 padahal tahun lahir siswa 2005) tentu menjadi persoalan tersendiri.

Jika siswa telah mempunyai NISN yang sudah dipakai (tertulis) di dokumen resmi ibarat ijazah atau SKHU, solusinya adalah: Klik 'Match'.

Jika siswa telah mempunyai NISN namun belum tertulis dalam dokumen resmi ibarat ijazah atau SKHU, ibarat siswa kelas 1-5 MI, ada dua solusi yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Cara Lama: Ajukan perubahan NISN. Caranya menu 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'NISN' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > muncul daftar nama siswa, klik nama siswa yang akan diedit > klik 'OK'. Muncul isian, isikan NISN (dengan digit kedua dan ketiga sesuai tahun lahir) yang diinginkan kemudian klik 'Ceck NISN' kemudian upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran atau Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan akan diverval oleh Admin PDSP Kemdikbud.
  2. Cara Cepat: Klik 'Not Macth' dan siswa tersebut akan diberikan NISN gres yang sesuai dengan tahun kelahirannya.

8. Kolom Pencarian NISN Kosong Padahal Punya NISN


Hampir ibarat masalah nomor 4 namun bedanya siswa telah mempunyai NISN. dan ketika dilakukan pencarian di situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/) NISN siswa tersebut pun muncul. Meskipun telah mempunyai NISN ternyata kolom pencarian (kolom bab bawah) tetap kosong ketika nama siswa di kolom bab atas dipilih.

Solusi bagi siswa yang NISN-nya sudah dipakai (tertulis) di dokumen resmi ibarat ijazah atau SKHU yaitu dengan mengklik 'Not Match'. Catat NISN usang yang telah dimiliki. Lakukan "Ajuan Perubahan NISN" ibarat pada solusi persoalan nomor 7 di atas dengan catatan ketika mengisikan NISN, tulis "NISN Lama". Ajuan ini memerlukan waktu alasannya yaitu persetujuannya dilakukan oleh Admin PDSP.

Sedang bagi siswa yang telah mempunyai NISN namun belum tertulis dalam dokumen resmi ibarat ijazah atau SKHU, solusinya ada dua macam yaitu:
  1. Mengajukan Perubahan NISN
  2. Klik 'Not Macth' sehingga siswa tersebut akan diberikan NISN baru.

9. Membatalkan Verval


Jika alasannya yaitu satu atau lain hal, siswa yang sudah terlanjur diverval sehingga masuk ke dalam daftar siswa di sajian 'referensi' namun ingin dibatalkan dan dikembalikan ke daftar siswa di sajian 'residu' bisa mengikuti langkah-langkah sebagaimana telah diuraikan di artikel sebelumnya, baca : Cara Mengembalikan Siswa ke Residu.

10. Menyalin / Menyimpan NISN dan Data Siswa


Untuk sanggup menyalin (copy) NISN beserta data siswa ke dalam dokumen semoga sanggup dipergunakan dalam aneka macam aktivitas administratif termasuk mencetak daftar NISN di suatu madrasah, silakan baca artikel: Cara Copy dan Cetak Semua NISN Hasil Verval PD

11. Hasil di Situs Pencarian NISN Berbeda dengan Verval PD


Hasil Verval PD akan ditampilkan dalam situs pencarian NISN yang sanggup diakses secara umum. Situs pencarian NISN tersebut beralamatkan di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Namun kalau ternyata data yang ditampilkan di situs tersebut masih berbeda dengan data dalam Verval PD, solusinya yaitu lakukan 'Konfirmasi Data'.

Daftar persoalan yang kerap dihadapi sewaktu melaksanakan Verval PD  Daftar Masalah dan Solusi dalam Verval PD

Cara melaksanakan konfirmasi data adalah:
  1. Klik sajian 'Konfirmasi Data'
  2. Klik 'kecamatan' kemudian klik 'nama madrasah'
  3. Klik sajian 'Data terindikasi sama / ibarat / sesuai
  4. Muncul daftar siswa
  5. Klik kotak di depan NISN (paling atas) sampai semua data tercetang
  6. Klik OK
  7. Muncul konfirmasi, klik OK
  8. Ulangi langkah 5 - 7 sampai semua siswa dalam daftar habis.

Itulah 11 permasalahan, kendala, dan masalah dalam pelaksanaan Verval Peserta Didik (PD) yang biasa dijumpai. Daftar persoalan verval tersebut telah dilengkapi dengan solusi dan jalan keluar. Namun kalau rekan-rekan operator madrasah menjumpai hambatan yang lain, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar blog ini. Jika kami mampu, insa Allah akan kami carikan solusi.

0 Response to "Daftar Dilema Dan Solusi Dalam Verval Pd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png