-->

Formulir Pendataan Emis Tahun Pelajaran 2016/2017

Formulir Pendataan EMIS Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester Gasal untuk madrasah telah tersedia, meskipun Tahun Pelajaran 2016/2017 belum dimulai. Peluncuran Formulir pendataan yang lebih awal ini sepertinya menjadi solusi bagi Tim Emis Pendis untuk menghadirkan formulir pendataan dan aplikasi yang lebih baik di banding periode-periode sebelumnnya. Mengingat dalam pengalaman periode-periode sebelumnya dimana selalu ditemui bug dalam aplikasi pendataan ini sehingga mengharuskan beberapa kali update.

Untuk mencoba Formulir Pendataan EMIS Tahun Semester Gasal Pelajaran 2016/2017, operator madrasah sanggup mendownloadnya di situs Emis SDM yang beralamat di emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm

Formulir Pendataan EMIS Tahun Pelajaran  Formulir Pendataan Emis Tahun Pelajaran 2016/2017


Seperti biasa, Operator Madrasah harus login dengan memakai email dan password yang telah didaftarkan.

Kemudian untuk mendownload Formulir Pendataan EMIS Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester Gasal, silakan :

  • Klik sajian "Rupa-rupa" yang terdapat di bab sebelah kiri. 
  • Kemudian klik "Unduh Aplikasi".
  • Di bab tengah akan muncul daftar file, klik goresan pena "Formulir Pendataan xxx TP 2016/2017", dimana "xxx" yaitu jenjang madrasah menyerupai RA, MI, MTs, atau MA.
  • Setelah berhasil mengunduh silakan ekstrak file tersebut sampai akan dihasilkan tiga buah file excel yang terdiri atas Form xxx TP 2017 (Lulusan); Form xxx TP 2017 (Personal); dan Form xxx TP 2017 (Siswa)
Formulir Pendataan EMIS Tahun Pelajaran  Formulir Pendataan Emis Tahun Pelajaran 2016/2017


Yang Baru dalam Formulir Pendataan EMIS TP 2016/2017


Sebagaimana Formulir Pendataan EMIS semester sebelumnya, kali ini terdapat beberapa penambahan data gres dalam Formulir Pendataan EMIS Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Beberapa penambahan data tersebut diantaranya adalah:

Pada Form Lulusan


Pada Form Lulusan terdapat penambahan data yang meliputi:
  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) Siswa Lulusan
  2. Agama Siswa Lulusan
  3. tanggal Awal Masuk Siswa di Tingkat 1
  4. Informasi Terkait US/M dan kelulusan:
    1. Nomor Peserta US/M
    2. Kategori Lulusan
    3. Nomor Blanko SKHUN
    4. Nomor Seri Ijazah
    5. Tanggal Kelulusan

Pada Form Personal


Pada Form Personal terdapat penambahan data yang meliputi:
  1. Status Rumah/Tempat Tinggal
  2. Agama PTK
  3. Riwayat Pendidikan PTK (jenjang D4/S1, S2, dan S3)
    1. Jenjang D4/S1
      1. Program Studi
      2. Gelar Akademik
      3. Tahun Lulus
    2. Jenjang S2
      1. Program Studi
      2. Gelar Akademik
      3. Tahun Lulus
    3. Jenjang S3
      1. Program Studi
      2. Gelar Akademik
      3. Tahun Lulus
  4. Tambahan data Guru Tetap Non-PNS (SK Pengangkatan Guru Tetap Non-PNS)
    1. Nomor SK
    2. Tanggal SK
  5. Tambahan Data Inpassing Guru Non-PNS
    1. Nomor SK Inpassing
    2. Tanggal SK Inpassing
  6. Informasi Tambahan Terkait Sertifikasi Pendidik
    1. Nomor Peserta Sertifikasi
    2. Jenis/Jalur Sertifikasi
    3. Tanggal Kelulusan Sertifikasi
    4. Nomor Sertifikat Pendidik
    5. LPTK Penyelenggara Sertifikasi
      1. Kode
      2. Nama LPTK


Pada Form Siswa


Pada Form Siswa terdapat penambahan data yang meliputi:
  1. Beasiswa yang Diterima Tahun 2016 (Selain PIP/BSM), ditambahi:
    1. Jenis Beasiswa
    2. Jangka Waktu (Bulan)
    3. Besar Uang Diterima
  2. Agama Siswa
  3. Nama Wali Kelas Siswa di Rombel Saat Ini
  4. Tambahan Data Sekolah Jenjang Sebelumnya
    1. NPSN Sekolah
    2. Nomor Seri Ijazah Jenjang Sebelumnya
    3. Tanggal Kelulusan
  5. Informasi Wali Siswa (jika yang bertanggung jawab terhadap pendidikan siswa bukan orang renta kandung)
    1. Nama
    2. Tahun Lahir
    3. NIK/Nomor KTP
    4. Pendidikan
    5. Pekerjaan
    6. Penghasilan
  6. Status Tempat Tinggal Siswa

Tahapan Pengerjaan EMIS


Seperti pada periode sebelumnya, pengerjaan EMIS melalui tiga tahapan yaitu input data melalui Formulir Pendataan Emis, Backup Data melalu Aplikasi Desktop Emis, dan Upload Hasil Backup.

Input Data


Pada tahapan ini, Operator Emis melaksanakan input data dengan memakai Formulir Pendataan Emis yang berformat excel. File excel dilengkapi dengan sheet validasi yang akan menawarkan peringatan bila data yang dimasukkan tidak sesuai.

Backup Data


Tahapan kedua yaitu Backup Data. Setelah Formulir Pendataan Emis terisi dengan benar, Operator Emis sanggup mendownload "Aplikasi Desktop EMIS". Dengan aplikasi ini, Operator Madrasah harus melengkapi data-data terkait dengan forum dan mengupload dan membackup file excel Formulir Pendataan Emis. 

Hasilnya akan diperoleh file backup berekstensi "emis".

Upload Hasil Backup


Tahapan terakhir yaitu melaksanakan upload hasil backup (berupa file berekstensi emis) ke situs emispendis.kemenag.go.id. Setelah tahapan ini sukses, maka selesailah pengerjaan emis.

Sembari menunggu dibukanya masa pendataan EMIS Semester Gasal tahun pelajaran 2016/2017, tidak ada salahnya bila Operator Madrasah mendownload terlebih dahulu Formulir Pendataan Emis yang telah tersedia dan mempersiapkan data-data pendukung dibutuhkan.

Tidak salah juga bila kemudian mencoba untuk mengisi Formulir Pendataan Emis tersebut dan melaporkan ke Penma Kabupaten/Kota (atau pun ke grup-grup diskusi EMIS) bila menemukan bug pada Formulir Pendataan Emis tersebut.

Selamat meng-Emis.

0 Response to "Formulir Pendataan Emis Tahun Pelajaran 2016/2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png